hit counter script

3752345930?profile=RESIZE_710x

Sudah kita ketahui bahwa di Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Saat ini di Indonesia telah memasuki musim hujan, kita harus waspada dengan penyakit yang mungkin akan menyerang.

Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada musim hujan antara lain :

  1. Flu

Flu merupakan penyakit yang paling sering menyerang saat musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, atau C. Virus ini mudah menyebar melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yang telah terkontaminasi. Penyakit ini pada dasarnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak bisa kita anggap remeh. Jika kita dalam kondisi tubuh yang tidak baik, flu dapat mengakibatkan penyakit lainnya.

Untuk menghindari penyakit ini, sIstem kekebalan tubuh kita haruslah kuat. Makan makanan yang bergizi, istirahat yang teratur, rutin berolahraga dan menjaga kebersihan sekitar.

  1. Diare

Diare merupakan penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakterium Vibrio cholerae. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi karena sanitasi yang tidak memadai. Tanda penyakit ini adalah encernya feses yang dikeluarkan dan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Untuk menghindari penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan makan makanan yang bergizi.

  1. Demam berdarah (DBD)

DBD merupakan salah satu jenis penyakit menular musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk jenis ini berkembang biak digenangan air bersih.

Cara mencegah penyebaran penyakit ini adalah dengan membersihkan genangan air yang ada disekitar kita dan rutin melakukan pembersihan dilingkungan sekitar.

  1. Malaria

Penyebab penyakit Malaria seperti DBD, yaitu disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles yang membawa parasit plasmodium. Bila tidak ditangani segera, malaria dapat berkembang dan berisiko mengancam nyawa seseorang yang terjangkit.

 

Penyebab utama penyebaran penyakit adalah kebersihan. Jika kita dan lingkungan selalu dalam keadaan bersih, besar kemungkinan terhindar dari penyakit tersebut

Selalu hidup sehat dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat juga dapat menghindari kita dari serangan penyakit.

E-mail me when people leave their comments –

You need to be a member of Bangun Sumatera to add comments!

Join Bangun Sumatera

ORDER NOW!!!

ORDER NOW!!!