hit counter script

3713573951?profile=RESIZE_710x

BangunSumatera.com - Masih segar diingatan kita tentang kecelakaan beruntun yang terjadi di tol Cipularang. Kecelakaan ini melibatkan sebanyak 21 kendaraan dan memakan korban jiwa sebanyak 9 orang serta belasan luka-luka.

Penyebab kecelakaan ini karena adanya truk dalam kondisi Over Dimension Over Loading (ODOL) sebanyak 300%. Truk yang seharusnya mengangkut muatan hanya sebanyak 12 ton dipaksa untuk membawa muataran sebanyak 37 ton. Selain itu hasil dari penyelidikan diketahui bahwa rem truk tersebut dalam keadaan yang tidak baik.

Kecelakaan seperti ini sebenarnya bisa dihindari jika pengemudi sadar akan keadaan kendaraannya. Selain itu, berikut ini adalah 4 tips yang dapat diterapkan agar terhindar dari kecelakaan saat berkendara.

  • Kondisi Kendaraan
    Selalu pastikan bahwa kondisi kendaraan dalam kondisi yang baik untuk digunakan.
  • Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas
    Rambu lalu lintas dipasang di jalan raya bukan hanya untuk pajangan, namun untuk keselamatan pengendara. Kemudian rambu-rambu ini juga untuk membuat jalur lalu lintas menjadi lebih tertib.
  • Gunakan selalu safety belt (sabuk pengaman)
    Sabuk pengaman di dalam mobil sangat berperan untuk keselamatan penumpang. Sabuk pengaman ini adalah alat pertama yang menyelamatkan penumpang jika terjadi kecelakaan.
  • Kondisi fisik baik
    Kondisi fisik pengendara juga sangat berperan dalam berkendara. Hindari mengemudi dalam keadaan mengantuk ataupun kelelahan. Jika kondisi tubuh sedang tidak baik saat berkendara, ada baiknya beristirahat terlebih dahulu.

Berkendara aman harus diterapkan dan ditularkan kepada pengemudi lainnya agar mengurangi resiko kecelakaan di jalan.

E-mail me when people leave their comments –

You need to be a member of Bangun Sumatera to add comments!

Join Bangun Sumatera

ORDER NOW!!!

ORDER NOW!!!