hit counter script
Warna Cat Yang Baik Menurut Agama Islam

BangunSumatera.com - Warna menurut agama Islam memiliki filosofi tersendiri yang sama halnya dengan ilmu fing shui yang dipercaya oleh masyarakat keturunan China.

Adanya pilihan warna yang tersedia, namun tak semuanya bisa digunakan apabila Anda berpegang pada prinsip Islam, dalam sudut pandang agama Islam dianggap kurang baik dan ada pula warna yang dianggap membawa berkah.

Dalam penjelasan yang dimuat oleh laman alkhoirot.com disebutkan bahwa secara umum, konsep warna dalam perspektif agama Islam bersifat netral.

Hal ini didasarkan pada kaidah [الأصل في الأشياء الإباحة], “hukum asal segala sesuatu adalah boleh’.

Dengan demikian, warna hanyalah sebuah sifat yang tak bisa berdiri sendiri dan melengkapi sesuatu seperti pakaian, makanan, dan rumah. Dalam Alquran dan Hadis memang terdapat beberapa warna yang disinggung baik itu yang memiliki makna positif ataupun negatif.

Berikut warna-warna baik yang menurut agama Islam: 

1. Warna Cat Rumah Hijau

Warna hijau tercatat disebut sebanyak empat kali di dalam Alquran dan menjadi sifat dari pakaian, bantal, serta tumbuhan. Anda bisa mengkajinya di dalam QS Al-Insan ayat 21, Ar-Rahman ayat 76, Al-Kahfi ayat 31, dan Al-An’am ayat 99.

Meskipun begitu, menurut sebagian ulama landasan dalil-dalil tersebut tidak menjadikan warna hijau sebagai warna ekslusif, melainkan warna yang diutamakan.

Hijau menjadi pilihan warna cat rumah yang bagus menurut Islam karena menjadi simbol kesejukan dan ketenangan baik di dunia ataupun di akhirat.

Baca: Warna Cat Rumah Menurut Feng Shui

2. Warna Cat Rumah Putih

Pemilihan warna putih sebagai warna cat rumah yang bagus menurut Islam bisa didasarkan pada banyaknya dalil yang menyinggung warna ini. Salah satunya adalah anjuran Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Abu Daud No. 4061 agar umat muslim mengenakan pakaian berwarna putih.

Abu Dzar r.a. pun menerangkan dalam riwayatnya, “Aku pernah mendatangi Nabi SAW dan beliau dalam keadaan tidur dan ketika itu mengenakan pakaian putih.” (H.R. Muslim No. 94).

3. Warna Cat Rumah Kuning

Meskipun warna kuning tak begitu populer, namun ini adalah salah satu warna cat rumah yang bagus menurut Islam.

Penggunaan warna kuning pun bisa ditemukan riwayatnya, salah satunya lewat hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Ibnu Abi Syaibah.

Hadis tersebut berbunyi, “Aisyah memakai pakaian berwarna kuning ketika sedang ihram.”

Dengan demikian, warna kuning bisa menjadi opsi yang sangat baik untuk mengecat bagian dinding utama baik di luar ataupun di dalam rumah.

 

 

(99.co)