hit counter script
Tren Desain Rumah Sepanjang Tahun 2021

BangunSumatera.com - Melihat situasi seperti sekarang ini, rasanya rumah menjadi sebuah kebutuhan primer yang harus dimiliki setiap orang. Keinginan untuk memiliki rumah tetap sama, namun ada yang berbeda yaitu desain rumah.

Saat memutuskan untuk desain rumah sendiri, sebaiknya Anda sudah menentukan akan diapakan rumah tersebut, misalnya saja membangun rumah dari awal atau renovasi kecil rumah. Desain rumah yang baik harus memiliki siklus udara keluar masuk di dalam rumah, pertimbangkan ukuran standar ruangan seperti kamar tidur, ruang keluarga dll, dan buatlah denah rumah untuk menentukan bagian ruangan, setelah itu mulai pikirkan perabotan apa saja yang akan ada di rumah.

Dikutip dari rumah.com berikut tren desain rumah sepanjang tahun 2021:
1. Desain Rumah Minimalis dengan Atap Pelana9070670092?profile=RESIZE_400xDesain rumah minimalis dengan menggunakan atap pelana masih menjadi favorit. Tren atap pelana dikombinasikan kerucut dan landai. Warna gelap pada atap pelana di tahun 2021 masih dominan dipadukan dengan bangunan yang didominasi jendela-jendela besar. Penggunaan atap pelana bisa memberikan sirkulasi udara yang baik dan membuat rumah menjadi sejuk.

2. Desain Rumah Minimalis Sentuhan Industrial9070705074?profile=RESIZE_400x

Di tahun 2020, konsep industrial mulai diminati, nampaknya di tahun 2021 ini, desain rumah industrial masih menjadi tren. Menurut New Decor Trends, desain industrial adalah asimetris dengan karakteristik yang didominasi kayu, metal, aluminium dan bahkan material daur ulang. Menggunakan desain rumah industrial bisa menghemat biaya karena penggunaan material daur ulang dengan tampilan apa adanya. Sering kali dibuat tanpa finishing untuk menunjukkan warna asli bangunan tersebut. Seperti namanya, desain ini memang dibuat seperti konsep industri.

3. Desain Rumah Minimalis dengan Jendela Lebar9070985863?profile=RESIZE_400x

Tren desain rumah di tahun 2021 berikutnya adalah penggunaan jendela yang lebar untuk menambah kesan luas pada rumah. Selain itu, jendela yang lebar bisa membuat sirkulasi udara di rumah masuk lebih banyak. Konsep ini juga sejalan dengan rumah hemat energi. Dengan memanfaatkan pencahayaan dan udara alami di dalam rumah.

4. Desain Rumah Ruang Terbuka9071005071?profile=RESIZE_400xSejalan dengan konsep sustainable development (pembangunan berkelanjutan), tren di tahun 2021 adalah desain rumah dengan ruang terbuka. Konsep ini menciptakan bangunan ruang dengan mengurangi partisi atau sekat. Ruang terbuka membuat rumah menjadi lebih luas dan udara yang mengalir di dalam ruangan terasa lebih segar. Selain itu juga membuat rumah ramah lingkungan dan hemat energi.

5. Dapur Menjadi Fokus Desain Rumah9071011666?profile=RESIZE_400x

Open Space Kitchen atau dapur ruangan terbuka tidak terbatas hanya di restoran saja, saat ini konsep dapur terbuka sudah mulai diadaptasi dalam rumah. Dapur biasanya akan berdekatan dengan ruang keluarga. Antara dapur dan ruang keluarga akan dipisahkan dengan meja bar tanpa ada sekat atau partisi khusus. Selain itu, fokus dapur dengan pencahayaan terang dan natural untuk menambah kesan luas.

6. Desain Rumah dengan Balkon Luar

9071068880?profile=RESIZE_400x

Membuat halaman terbuka di dalam rumah menjadi perkiraan tren di tahun 2021. Rumah di desain dengan balkon luar sebagai tempat berkumpul dan bersantai Bersama keluarga. Tak perlu halaman luas, jika halaman Anda terbatas hindari gunakan sofa atau kursi yang besar.

Untuk tampilan balkon lebih luas, gunakan jendela besar agar sirkulasi udara dari balkon bisa masuk ke dalam rumah dan menjadikan di dalam rumah sejuk. Apabila Anda ingin balkon yang lebih privat, desain balkon bisa dilakukan di belakang rumah. Menarik bukan?

7. Desain Rumah Tanpa Sekat

9071081491?profile=RESIZE_400x

Seperti yang sudah dijelaskan, konsep rumah tanpa sekat atau open space menjadi tren di tahun 2021 ini. Dahulu memang rumah banyak dibatasi oleh tembok sebagai sekat. Seiring perubahan tren, tembok pun diganti dengan kusen aluminium atau jendela besar dari kaca yang transparan. Tak ada sekat di dalam rumah, ruangan-ruangan pun terbuka lebar kecuali kamar tidur dan kamar mandi. Konsep inipun menjadikan rumah tampak luas dan menciptakan ruang gerak yang lebih bebas.

8. Desain Rumah Pintar (Smart Home) Modern

9071083501?profile=RESIZE_400x

Seiring perkembangan teknologi, desain rumah pintar atau smart home sudah mulai banyak diterapkan dan diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2021. Semua kendali di dalam rumah bisa dilakukan dari satu alat melalui sistem otomasi rumah.

Tak ada yang berbeda jika dilihat dari depan. Namun fokus terhadap teknologi di dalam rumah inilah yang menjadi daya Tarik. Sebab manusia dimudahkan dengan teknologi rumah pintar mulai dari mematikan lampu, menyalakan air, hingga membuka pintu pagar. Dengan desain rumah pintar, sebenarnya bisa membantu untuk menghemat energi karena Anda bisa mengatur listrik, air di rumah Anda dari mana saja.