hit counter script
Tips Sederhana Bangun Rumah Pinggir Sungai

BangunSumatera.com -  Memiliki rumah pinggir sungai merupakan keunikan tersendiri yang tidak dapat dimiliki setiap orang, mulai dari permandangan hinga bentuk rumah itu pun berbeda dari rumah-rumah yang ada ditengah kota. Namun tidak banyak orang menilai memiliki rumah dipinggir sungai sama saja dengan rumah pada umummnya.

Sebenarnya memilih membangun rumah yang ada dipinggir sungai adalah resiko yang sangat besar, Anda bisa saja mendapatkan berbagai masalah, apalagi jika Anda tidak memperhatikan beberapa hal wajib yang harus diperhatikan oleh warga yang tinggal disekitar sungai.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun rumah dipinggir sungai:

Pilih daerah sungai yang aman

Pilih kriteria sungai yang aman, misal saja pilih sungai yang memiliki arus yang kecil, sehingga Anda tidak perlu takut jika terjadi hujan besar, pilih lahan yang akan dibuat rumah lebih tinggi dibanding sungai, sehingga jika seandainya banjir terjadi maka Anda tidak akan terkena banjir, pilih sungai yang memiliki lebar cukup luas dan tidak bau.

Perhatikan lokasi yang akan dibangun

Selain memilih sungai yang bagus, Anda juga harus memperhatikan lokasi rumah yang akan dibangun. Sebaiknya bangun rumah dilokasi tanah atau lahan yang memiliki permukaan lebih tinggi dibanding dengan sekitar sungai, alangkah baiknya rumah Anda menghadap kesungai, sehingga jarak antara rumah dan sungai bisa cukup jauh dan terhindar dari berbagai bencana.

Tanami pohon

Disekitar sungai alangkah baiknya Anda membuat taman hijau, tanami pepohonan agar tidak ada longsor dan air hujan bisa menahan air yang masuk kedalam tanah.

Miliki rumah lebih dari satu lantai

Selanjutnya untuk bisa menikmati keindahan sungai dan sekitarnya, maka sebaiknya buat rumah Znda dua atau tiga lantai. Dilantai dua dan tiga Anda bisa menyediakan tempat khusus untuk melihat keindahan sungai.

Baca: 7 Manfaat Mengkonsumsi Daun Kemangi

Pastikan arus ombak kecil

Pastikan juga rumah anda aman dari suara sungai dimalam hari, atau bahkan suara sungai yang mengalir bisa dijadikan suara merdu menjelang tidur.

Memilih bahan yang tepat

Selain melihat lingkungan sekitar, ketika anda memilih pinggiran sungai untuk membuat rumah, maka anda juga harus memperhatikan bahan-bahan apa saja yang akan anda gunakan. Sebaiknya pilih material terbaik, sehingga jika ada bencana yang muncul maka rumah anda akan tetap kokoh berdiri.

Atur jarak rumah dengan tepi sungai

Pastikan juga membangun rumah dengan jarak yang cukup jauh, karena tanah yang ada ditepi sungai cukup lunak dan mudah longsor. Membangun rumah diarea tepi sungai memang tidak ada salahnya, namun anda harus benar-benar membangun dengan kualitas bahan terbaik dan memperhatikan panduan lainnya.

 

(riversidedevelopmentsite.org)