hit counter script
Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Ramah Lingkungan

BangunSumatera.com - Ada yang bilang bahwa belajar gaya hidup ramah lingkunan itu sulit. Tapi sebenarnya tidak seperti yang kita bayangkan, yang dibutuhkan hanyalah kemauan dari diri kita sendiri. Untuk belajar kita bisa memulainya dari lingkungan yang ada di sekitar kita.

Gaya hidup ini merupakan bentuk tanggung jawab untuk melestarikan bumi yang telah banyak memberikan sumber untuk kehidupan kita. Jadi kita harus mencintai alam dan harus menjaga kelestarinnya agar bumi ini tetap dalam kondisi baik-baik saja. Berikut beberapa cara menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di rumah.

Baca: Tips Berlindung Diri dari Bencana Gempa

Kurangi penggunaan sampah sekali pakai

Hal yang pertama dilakukan adalah mengurangi penggunaan sekali pakai yang tidak bisa diurai seperti sampah plastik. Penting sekali untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kamu dapat mencobanya dengan cara mengalih fungsikan beberapa barang yang sudah tidak terpakai lagi seperti kaling bekas biskuit yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menyiram bunga atau tanaman.

Batasi pemakaian listrik

Anda dapat membatasi pemakaian listrik yang disesuaikan dengan kebutuhan saja, jangan membiarkan alat-alat elektronik tetap terhubung dengan aliran listrik saat kamu tidak memakainya.

Membuat area hijau di perkarangan rumah

Bila di area rumah kamu terdapat lahan kosong, sebaiknya di fungsikan dengan penghijauan dengan cara menanam tumbuhan. Selain menjadi resapan air, tumbuhan dari poon juga dapat membuat suhu di sekitar rumah akan terasa lebih sejuk karena adanya oksigen yang dihasilkan.

Optimalkan pemakaian air

Anda bisa mencoba menampung air hujan supaya dapat dipakai untuk kebutuhan tambahan seperti mencuci pakaian, kendaraan dan sebagainya.

Hindari membakar sampah sembarangan

Hindari pembakaran sampah sembarangan karena cara ini sangat penting untuk di ingat dan dilakukan karena, asap hasil pembakaran sampah mengandung bahan kimia yang berbahaya dan dapat membawa dampak buruk bagi lingkungan serta kesehatan disekitar.

Source image: Freepik.com