hit counter script
Tips Memilih Besi Berkualitas

BangunSumatera.com - Dalam sebuah bangunan maka bahan besi beton selalu dibutuhkan dalam dunia konstruksi. Keunggulan besi beton ini adalah lebih kuat namun ringan dan bisa dipakai untuk bangunan besar seperti jembatan, gedung dan sebagainya.

Besi beton ini secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan tarik struktur dan permukaan besi beton berapakali berubah bentuk.

Secara umum, besi beton ini memang mempunyai peranan yang penting dalam konstruksi beton. Semakin lebar dimensi struktur sebuah beton, maka akan semakin banyak pula besi beton yang dibutuhkan. Berikut ada beberapa tips memilih besi berkualitas :

Pilih merek besi yang berkualitas

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memilih besi dengan merek yang berkualitas, begitu banyak besi yang beredar di pasaran dengan berbagai merek dengan harga berkualitas seperti bertulisan SNI dan menuliskan mereknya di permukaan besi.

Ketahui ukuran yang diperlukan

Menggunakan besi sebagai bahan dasar konstruksi tentu bertujuan untuk membuat konstruksi menjadi lebih kuat. Ada beberapa ukuran yang biasa digunakan seperti besi dengan 6, 8, 10, hingga 25 milimeter.

Periksa besi dengan kondisi baik

Perhatikan kondisi besi tersebut masih bagus atau justru sudah berkarat, besi berkarat akan mengalami proses kerusakan yang lebih cepat dan dapat maksimal dalam menopang bangunan.

Baca: Ini Dia Penyebab Besi Berkarat

Perhatikan jenis besinya

Besi beton yang digunakan untuk konstruksi bangunan terbagi dalam dua jenis yaitu besi ulir dan besi polos. Besi ulir adalah besi yang sukar dibentuk dan dibengkokkan, sedangkan besi polos lebih lunak sifatnya dan lebih muda dibentuk cocok untuk bangunan minimalis.

Survei harganya

Besi yang berkualitas tidak terlepas dari harganya, besi yang sudah mengantongi logo SNI tentu akan lebih mahal dibanding kan besi yang tidak berlogo SNI.