hit counter script
Tips Membuat Jalan Aspal yang Baik

BangunSumatera.com - Aspal merupakan jenis material bangunan yang paling sering digunakan dalam pembuatan jalan raya. Aspal sebuah senyawa hidrokarbon yang dipadu dengan senyawa sulfur, oksigen, dan juga klor yang terkandung di dalamnya. Gunanya aspal jalan ini sebagai bahan pengikat atau pelapis dari permukaan tanah.

Banyaknya pengguna moda transportasi yang memanfaatkan jalan raya berpengaruh pada kekerasan jalan tersebut. Penggunaan aspal untuk jalan memiliki sejumlah kelebihan seperti permukaan jalan yang lebih halu sehingga pemakai lebih enak dalam berkendara.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan jalan aspal yang baik.

  • Memadatkan pondasi jalan

Tahap pemadatan awal dalam pembuatan jalan aspal menjadi penting, tahap ini dilakukan setelah badan jalan terbentuk. Tanah perlu dipadatkan agar mampu menahan beban diatasnya agar dapat menghasilkan aspal jalan yang baik.

  • Pemadatan aspal yang baik

Pemadatan ini dilakukan dengan alat pemadat roda karet. Alat ini bergerak mengikuti pemadatan pada tahapan sebelumnya. Proses pemadatan aspal harus dilakukan sebelum aspal berada pada suhu di bawa 85 derajat Celcius atau pada jenis aspal yang digunakan.

Baca: Tips Memilih Besi Berkualitas

  • Membangun drainase

Hadirnya drainase pada jalan sangat berpengaruh pada kekuatan jalan aspal, karena jalan aspal tidak tahan terhadap genangan air. Gerusan air di jalan aspal menyebabkan lapisan aspal terkelupas dan akhirnya membentuk lubang-lubang kecil yang semakin membesar.

  • Pastikan beban aspal benar-benar baik

Pastikan kendaraan yang melintasi jalan aspal tidak melebihi beban pada struktur jalan. Untuk kendaran-kendaraan bermuatan berat sebaiknya melintasi jalan beton.

  • Mencampur aspal dan limbah plastik

Percampuran aspal dengan plastik ini terbukti membuat aspal lebih kuar 40% dibandingkan aspal tanpa campuran limbah plastik.

  • Menutup segera jalan yang berlubang

Lubang-lubang kecil segera harus ditambal, bila ini dibiarkan maka lubang tersebut akan semakin membesar. Air yang tergenang di lubang tersebut membuat konstruksi jalan aspal semakin melemah.