hit counter script
Tips Membangun Rumah Dilahan Sempit

BangunSumatera.comMemiliki rumah yang nyaman tentu saja menjadi impian setiap orang. Namun banyak faktor yang membuat rumah terasa tidak nyaman. Seperti kebutuhan akan ruangan baru di dalam rumah seiring bertambahnya usia anak, tata letak perabot yang sembarangan dan lain sebagainya.

Jika kondisi ideal yang diharapkan adalah memiliki rumah yang nyaman, maka merenovasi rumah bisa menjadi solusinya. Tetapi kembali lagi, merenovasi rumah bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, karena renovasi rumah membutuhkan perencanaan yang matang. Termasuk perencanaan biaya, material, dan waktu pengerjaan pada saat renovasi rumah.

Berikut tips membangun rumah di lahan sempit:

Tentukan konsep rumah

Ketika Anda memutuskan untuk renovasi rumah, maka tips renovasi rumah yang pertama bisa Anda harus lakukan adalah menentukan bagian rumah mana saja yang ingin kita renovasi atau perbaiki. Bagaimana desain yang Anda inginkan dan apakah Anda akan menggunakan kembali material lama atau tidak. Bila masih ingin menggunakan material lama tentu saja pada saat pembongkaran harus dilakukan secara hati-hati agar tidak rusak. Dengan desain dan konsep yang matang juga membantu mempercepat pengerjaan renovasi rumah Anda.

Tentukan bahan bangunan

Bahan material merupakan pengeluaran termahal ketika Anda merenovasi rumah. Namun, ada beberapa bagian dalam renovasi rumah Anda yang tidak bisa ditawar lagi untuk harganya apabila Anda mencari kualitas yang bagus, seperti pada bagian pondasi rumah, pipa ari yang ditanam, struktur bangunan, dan rangka atap. Khusus pada bagian tersebut Anda harus menyiapkan budget yang lebih jika di kemudian hari Anda tidak mau mendapatkan masalah seperti kebocoran atau rusak.

Baca: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Perhatikan saat pembayaran tukang

Pembayaran tukang umumnya terbagi dua cara yaitu borongan dan harian. Apabila memang Anda sudah pasti dengan bagian apa saja yang akan di renovasi dan memiliki konsep yang matang, maka lebih baik Anda menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, apabila konsep renovasi rumah Anda belum matang dan jelas maka Anda bisa membayar tukang secara harian.

Pilih waktu untuk renovasi rumah

Indonesia memang memiliki iklim tropis dimana terdiri dari dua musim yaitu, musim panas dan musim penghujan. Hal terakhir ini cukup berpengaruh untuk anda perhatikan jika ingin merenovasi rumah. Pastikan Anda melakukan renovasi rumah pada musim panas agar pekerja yang melakukan renovasi tidak kesulitan dikarenakan cuaca.

Source: Royalmansion.co.id