hit counter script
Tips Memasang Keramik Tangga Tanpa Jasa Tukang

BangunSumatera.com - Keramik menjadi salah satu material pilihan yang populer untuk diaplikasikan di tangga. Pilihan motifnya membuat tampilan tangga menjadi lebih indah. Tidak hanya cantik di luar, keramik juga merupakan material yang kuat saat dipijak jadi tidak akan retak. Umur keramik juga lebih lama, yaitu berkisar 10-20 tahun.

Mudah saja sebenarnya memasang keramik di tangga, tidak jauh berbeda seperti pemasangan keramik lantai atau dinding, hanya saja diperlukan kehati-hatian. Anda hanya perlu pasang keramik tangga satu per satu. Belum lagi jika memilih keramik yang lebih besar daripada pijakan tangga, Anda juga harus memotongnya dengan tepat. Oleh karena itu, perhatikan dengan betul kualitas keramik ketika membeli.

Selain itu, sebelum memasang keramik di tangga, alangkah baiknya Anda harus memastikan jika campuran semen yang terpasang di tangga sudah rata. Semen tangga yang kurang rata bisa membuat keramik tidak akan menempel dengan sempurna. Jika ada semen yang kurang rapi, cobalah ratakan dulu sebelum memulai proses pemasangan ubin. Berikut tips memasang keramik tangga tanpa jasa tukang:

Tentukan titik awal

Langkah awal dalam proses pemasangan keramik tangga yaitu menentukan terlebih dahulu di mana titik awal pemasangan keramik. Hal ini perlu diperhatikan karena akan berdampak pada kerapian pola keramik tangga.

Potong keramik

Pemasangan keramik yang tepat sebaiknya dimulai dari bagian paling atas tangga. Jadi, potonglah bagian keramik agar cocok dengan lebar dan tinggi anak tangga tertinggi. Pemotongan keramiknya jangan terlalu pas, sisakan beberapa mm sebagai nat keramik di tangga agar tetap terlihat estetik.

Tempelkan perekat keramik

Setelah keramik dipotong sesuai dengan ukurannya, cara pasang keramik tangga berikutnya adalah menempelkan perekat keramik. Pilihlah perekat keramik yang kuat agar tidak mudah retak.

Pasang keramik ke posisinya

Cara pasang keramik tangga berikutnya adalah menempatkan keramik di posisinya. Keramik yang telah diaplikasikan perekat semen sudah bisa ditempatkan di posisinya. Selalu ingat, pasang keramik dengan memberi jarak beberapa mm antar sisinya agar terbentuk nat yang sempurna. Agar lebih menempel, gunakan palu karet untuk mengetuk keramik tersebut.

Ulangi prosesnya hingga selesai

Proses memasang keramik dimulai dari posisi teratas hingga bawah. Pastikan ukurannya tetap sejajar satu sama lain, kecuali di bagian bordes. Anda juga bisa menambahkan keramik kecil di lekukan anak tangganya sebagai dekorasi.

Source : Klopmart.com