hit counter script
Tips Memasang Bata Hebel yang Benar

BangunSumatera.com - Cara plester dinding hebel dengan mortar, bata hebel atau bata ringan adalah type bahan bangunan yang terbuat berasal dari berbagai macam type bahan, diantaranya semen, pasir, gypsum, kimia busa, pasta alumunium, kapur dan air. Bata hebel yang dibuat (diproses) dengan mesin dan terhitung tehnik moderen ini mempunyai bobot yang jauh lebih mudah daripada batu bata biasa (bata merah).

Selain ringan, ukuran bata hebel pun jauh lebih besar dari style batu bata lainnya, termasuk batu bata merah. Bata hebel yang beredar di pasaran (Indonesia) kala ini biasanya punyai ukuran panjang 60 centi meter, lebar 20 centi meter, dan ketebalan biasanya 10 centi meter (cm). Dengan suasana tersebut, proses pengerjaan bangunan yang gunakan material bata hebel dapat lebih cepat sampai 40%.

Baca : Tips Selamat Saat Bekerja

Berikut adalah tips memasang bata hebel yang benar :

Tahap pertama
 
Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
 

Gunakan Semen instan sebagai basic pekerjaan bersama dengan ketebalan 10 – 20 mm. Ratakan di permukaan pondasi, untuk mempemudah mengfungsikan benang atau waterpass.

 

Tahap kedua

 
Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
 
Letakkan Bata Ringan pertama diatas permukaan semen instan / mortar, sesudah itu pukul secara perlahan manfaatkan palu karet, sehingga sejajar bersama benang.
 
 
Tahap ketiga
 
 
Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
 
Hamparkan Semen Instan untuk pemasangan Bata Ringan selanjutnya secara tidak tebal (3 mm) mengfungsikan Trowel.
 
 
Tahap keempat
 
Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
 
Letakkan Bata Ringan selanjutnya sesudah itu gunakan waterpass untuk menegaskan kerataan ke dua Bata Ringan
 
 
Tahap kelima
 
Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
 
Gunakan Semen Instan/mortar secara tidak tebal terhadap bagian vertical dan horizontal bata ringan untuk pemasangan selanjutnya.
 
 
Tahap keenam
 
Cara Memasang Hebel Dengan Mortar
 
Gunakan Palu Karet untuk memastikan kerataan susunan bata ringan, ulangi langkah ini sampai memenuhi bidang pengerjaan.