hit counter script
Tips Dekorasi Rumah Mungil untuk Menyiasati Keterbatasan

BangunSumatera.com - Memiliki dekorasi rumah mungil yang tepat bisa jadi tantangan untuk sebagian orang. Saat ini hunian di kota-kota besar telah didominasi oleh rumah-rumah mungil.

Hal ini disebabkan oleh keinginan orang-orang untuk memiliki rumah yang tidak berbanding lurus dengan ketersediaan lahan. 

Jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang memiliki rumah yang mungil, banyak sekali cara yang dilakukan untuk mengakali keterbatasan di rumah.

Tantangan yang biasa dihadapi orang-orang saat mendekorasi rumah mungil adalah menjaga agar rumah tetap rapi dan terorganisir sambil memastikan rumah memiliki semua hal yang dibutuhkan.

Namun, jangan khawatir karena ada banyak sekali solusi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan ruang yang terbatas dan membuatnya tetap nyaman.

Dikutip dari 99.co berikut tips dekorasi rumah mungil yang paling pas untuk dijadikan pilihan:

- Dekorasi Rumah Mungil yang Cocok untuk Ruang Tamu
Mendesain ruang tamu bisa menjadi tantangan tersendiri. Sedikit kesalahan saja bisa membuat ruang tamu malah terlihat seperti ruangan dengan fungsi tak jelas yang berisi dekorasi belaka.

Hal penting yang harus kamu lakukan sebenarnya adalah membuat ruang tamu mungil tersebut tampak lebih besar namun tetap terlihat nyaman.

Berikut adalah dekorasi rumah mungil yang pas untuk ruang tamu:

1. Cobalah Warna-warna Netral

Penggunaan warna netral dan kalem adalah salah satu cara populer yang biasa digunakan saat mendesain ruang tamu yang kecil.

Menggunakan warna dan dekorasi yang tepat, bisa menentukan aura dan suasana yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih warna-warna cerah yang bisa memantulkan cahaya seperti putih, abu muda, dan krem untuk dinding, perabot utama, dan lantai pada ruang tamu.

Selain memberikan efek ruangan yang terasa lebih luas, warna-warna ini juga akan memberikan kesan elegan dan nyaman pada ruang tamu di rumah.

2. Perluas Ruangan dengan Ilusi Cermin

Cermin adalah solusi efektif paling klasik yang biasa digunakan untuk memperluas sebuah ruangan. Efek memantulkan yang dihasilkan cermin menghasilkan ilusi dimana sebuah ruangan terasa lebih luas dari seharusnya.

Namun, ternyata ini tidak sesederhana menempel banyak cermin di berbagai sudut ruangan.

mengetahui titik-titik strategis untuk membuat ilusi ini bekerja dengan efektif adalah hal yang penting. Kamu juga perlu mengetahui ukuran hingga jenis cermin yang diperlukan ruang tamu.

Tempatkanlah cermin dekat dengan sumber cahaya karena bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Jika ruang tamu memiliki jendela, Anda juga bisa menempatkan cermin di seberangnya.

3. Jadikan Bagian Atas Ruang Tamu sebagai Pusat Perhatian

Apabila ruang tamu kecil kamu memiliki langit-langit yang tinggi, kamu bisa memanfaatkan ruang ekstra di bagian atas agar ruangan terasa lebih luas.

Hiasi langit-langit ruangan dengan lampu gantung dan pasanglah tirai yang menjuntai dari langit-langit sampai ke lantai.

Kamu juga bisa mengisi bagian atas ruang tamu dengan dekorasi atau hiasan lain. 

Rak buku yang ditempatkan dekat langit-langit mungkin bisa menjadi salah satu contoh dekorasi yang bisa aplikasikan agar pandangan mata lebih berfokus ke bagian atas ruangan.

4. Pilihlah Perabot yang Ringan dengan Tampilan Sederhana

Perabot ringan dengan tampilan sederhana adalah furnitur paling tepat untuk menghiasi ruang tamu mungilmu.

Untuk tempat duduk, kamu mungkin bisa memilih perabot seperti kursi duduk empuk berkaki kayu atau besi dari pada sofa besar yang memakan lebih banyak tempat.

Lalu untuk meja, hindari juga meja dengan kaki yang tebal. Jika ingin ruang tamu terlihat lebih atraktif secara visual, kamu bisa mencoba meja dengan kaca transparan yang tentu saja akan membuat ruangan tampak lebih lapang.