hit counter script
Tips Cepat Membeli Rumah Idaman

BangunSumatera.com - Saat ini sudah banyak para millenial bersemangat untuk memiliki rumah sebagai tempat tinggal dan investasi di masa mendatang. Dari tahun ketahun harga rumah terus naik, bila membangun dari nol membutuhkan biaya yang cukup dan bersiap untuk meluangkan waktu.

Harga rumah memang mahal, namun kamu bisa menyiasati dengan melakukan sejumlah hal terkait perencanaan keuangan, jangan sampai terjadi generasi milenial terancam tidak punya rumah, apalagi kenaikan harga rumah memang sulit dikejar oleh kenaikan gaji. Berikut tips cepat agar bisa memiliki rumah:

 

1. Menghitung Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran

Hitung jumlah gaji atau pemasukan dengan pengeluaran setiap bulan, misalnya gaji kamu Rp5 juta per bulan, sementara pengeluaran Rp4 juta, hitunglH ongkos transportasi dan makan siang per hari, berapa juga seluruh tagihan seperti telepon, listrik, internet, dan lainnya. 

Kalau kamu sudah menikah, hitung jumlah pemasukan bersama alias joint-income, hitung pemasukan dan pengeluaran secara detail.

Baca: Cara Kerja Turbine Ventilator Pada Atap Bangunan

2. Belajar Perencanaan Keuangan 

Kamu harus mulai belajar perencanaan keuangan, hitung perbandingan antara gaji dan pengeluaran, kalau pengeluaran cukup banyak, kamu harus mulai memangkas biaya gaya hidup. Kamu harus mulai belajar untuk memiliki pengeluaran maksimal 50 persen, bank masih memberikan toleransi 50 persen untuk DBR (Dept Burden Ratio).

3. Mencari Rumah Sesuai Kemampuan 

Kalau kamu memang sudah berkeluarga, pilihannya adalah rumah type 36 dibandingkan apartemen tipe studio. Jangan lupa mencari hunian yang dekat dengan akses transportasi umum.

4. Memiliki Dana Darurat

Sebaiknya kamu (dan pasangan) sudah mulai menyiapkan dana darurat, hal ini tidak boleh dilupakan dalam tips cepat punya rumah. Dana ini digunakan jika terjadi sesuatu saat kamu mulai mencicil, namun ada masalah yang terjadi. 

 

Kalau kamu masih lajang, sebaiknya memiliki dana darurat 3-6 bulan, sementara jika sudah menikah, kamu harus mempunyai dana darurat 6-12 bulan.

5. Memiliki Rekening Terpisah 

Kamu harus memiliki sejumlah rekening terpisah misalnya 1 rekening untuk menerima gaji dari kantor. Lantas ada 1 rekening khusus untuk cicilan KPR, 1 rekening untuk dana darurat, dan mungkin untuk keperluan lain. 

 

6. Menabung Uang Muka 

Saat mulai mencari rumah, jangan lupa untuk menabung uang muka atau down payment (DP) rumah, hal ini juga menjadi bagian tips cepat punya rumah. Kamu harus memaksa menabung setidaknya 30-40 persen dari gaji untuk uang muka, tentunya sebagai awal sebelum membayar cicilan KPR.

Baca: 7 Jenis Exhaust Fan Dan Kegunaannya

7. Mencari Informasi KPR ke Sejumlah Bank 

Jangan lupa kamu juga harus mulai mencari informasi KPR dari bank, cari tahu persyaratanya apa saja, jangan sepelekan tahapan tips cepat punya rumah ini ya. Tidak ketinggalan, kamu harus mengetahui suku bunga KPR yang ditawarkan, biasanya bank menawarkan bunga yang berbeda. 

8. Mengecek SLIK OJK 

Kalau kamu memilih pembiayaan dari bank, pastikan telah mengecek SLIK OJK (sistem layanan informasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan). Apakah kamu memiliki catatan yang bagus, kurang baik, atau lainnya, banyak orang yang gagal dalam pengajuan KPR lantaran hal ini. 

 

(Rumah123)