hit counter script
Tips Cara Memasang Keramik Dinding

BangunSumatera.com - keramik memang digunakan untuk lantai, namun juga tidak menutup kemungkinan keramik dipasang pada dinding. hasilnya, tembok menjadi lebih kaya akan warna serta keindahan dari motif keramik dapat di aplikasikan.

Keramik memiliki berbagai warna yang dapat ‘mengikat’ dengan jenis dekorasi apapun. keramik juga memiliki bebeberapa kelebihan yang di aplikasikan pada dinding seperti mudah dibersihkan, rendah porositas, daya tahan kuat pada warna dan tentu tidak menguras kantong. Berikut cara memasang keramik pada dinding:

Persiapkan Bahan

Peralatan pendukung serta komponen dapat meliputi semen, palu, paku beton, meteran, pensil, penggaris serta berbagai komponen pendukung sesuai dengan kebutuhan Anda. mempersiapkan komponen ini akan membantu dalam proses pengaplikasian dinding yang anda lakukan.

Persiapkan Dinding

Persiapan dinding dapat Anda lakukan seperti memastikan permukaan dinding sudah bersih. tidak hanya itu, dinding juga harus memiliki permukaan yang rata, hal ini amat berpengaruh untuk pemasangan keramik pada dinding agar dapat sejajar ketika di aplikasikan. jika dinding masih belum rata, Anda bisa semen dinding tersebut terlebih dahulu hingga permukaan merata.

Aplikasikan Keramik

Anda bisa langsung pasang keramik tersebut pada dinding, namun, perlu mengetahui langkah – langkah pemasangan supaya keramik dapat terpasang pada dinding dengan benar.

Pasang benang ke permukaan dinding, hal ini digunakan untuk mensejajarkan posisi keramik ketika diaplikasikan.

Garis benang dapat digunakan sebagai penggaris, hal ini menghasilkan pemasangan keramik yang rapi serta sejajar, persiapkan jumlah keramik yang akan diaplikasikan, Anda dapat mengukur total ukuran dinding kemudian dibagi dengan panjang keramik, baru akan didapat berapa keramik yang dibutuhkan.

Seperti misal jika panjang dinding adalah 2 meter sedangkan keramik berukuran 40 cm, Anda dapat hitung seperti ini, 2 meter = 200 cm, berarti 200 cm : 40 cm adalah 5, didapatkan hasil untuk panjang dinding ukuran 200 cm dibutuhkan 5 keramik berukuran 40 cm, perlu diingat, ini hanya panjang, lebar dapat anda hitung menggunakan perhitungan ini.

Pemasangan keramik dapat Anda lakukan mulai dari tengah, sehingga cari bagian tengah dan tandai bagian tersebut agar tidak lupa, selanjutnya yakni ukur tinggi dinding sampai ke bagian atas, ini berguna menentukan batas pasangan keramik dinding pada bagian atas dengan catatan Anda mengaplikasikan keramik secara keseluruhan.

Baca:6 Tips Cara Pasang Keramik Lantai Sendiri

 

Kemudian, barulah pemasangan keramik bisa dilakukan dengan memasang keramik mulai dari bawah merupakan cara yang termudah, Anda bisa melakukan pemasangan mengikuti pola garis yang sudah dibentuk. Anda bisa merendam keramik selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dngan perendaman yang dilakukan, daya rekat yang dihasilkan dapat maksimal dengan adonan yang menempel pada bagian bawah keramik secara sempurna.

Setelah semen sudah disiapkan, Anda bisa mulai mengambil keramik untuk dipasang, perlu diingat bahwa pengeringan tidak boleh dilakukan dibawah sinar matahari karena akan sia – sia.

Anda bisa mengeringkan dengan cara diangin – anginkan saja, berikutnya yakni ambil keramik dan tempelkan pada dinding menggunakan semen yang sudah dipersiapkan, Anda bisa membuat bolongan – bolongan kecil pada dinding, bolongan ini berfungsi sebagai penempatan semen untuk menempel dinding, lakukan langkah ini secara berurutan hingga selesai.

 

 

(qhomemart)