ARTIKEL

Tiga Kapal yang Ditahan Rusia Dikembalikan ke Ukraina

Pemerintah Rusia dilaporkan akan memulangkan tiga kapal milik Angkatan Laut Ukraina yang disita sejak setahun lalu. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari proses perundingan damai di antara kedua negara akibat konflik terkait pemberontak separatis dan pencaplokan Semenanjung Krimea.

"Sesuai dengan kesepakatan dengan Ukraina, tiga kapal Ukraina akan ditarik dari Pelabuhan Kerch menuju titik serah terima yang sudah disepakati," demikian isi pernyataan pejabat Badan Penjaga Perbatasan dan Pertahanan Rusia, seperti dilansir AFP, Senin (18/11).

Ketiga kapal itu, terdiri satu kapal perang dan dua kapal tunda, ditahan ketika nekat melintasi Selat Kerch menuju Laut Azov pada November tahun lalu. Sebanyak 24 awak kapal Ukraina yang ditahan Rusia sudah dibebaskan pada September lalu sebagai bagian dari proses pertukaran tahanan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, sudah berjanji akan melakukan perjanjian damai untuk mengakhiri perang dengan pemberontak separatis di kawasan timur yang sudah berlangsung selama lima tahun. Sekitar 13 ribu orang meninggal dalam konflik itu.

Ukraina dan Rusia sepakat menarik pasukan masing-masing dari kawasan konflik sejak Oktober lalu.

Pada Jumat pekan lalu, Jerman, Prancis, Rusia dan Ukraina sepakat menggelar proses pembahasan perjanjian damai pada 9 Desember mendatang.

Penasihat kepresidenan Rusia, Yuri Yushakov, menyatakan rencana itu sampai saat ini masih dibicarakan.

 

 

Sumber: cnnindonesia.com

Berita Populer

ADMIN KONTEN

BangunSumatera.com - Indonesia kini memiliki tol terpanjang di Indonesia yaitu Tebanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang berada di Sumatera. Tol tersebut sudah di resmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, to tersebut memiliki panjang 189 kilometer dengan tarif Rp.900 per km para pengendara menggunakan tol tersebut dapat memangkas waktu yang sebelumnya melewati jalan lintas sumatra.

Jokowi mengatakan "Jalan tol terpanjang yang saya resmikan, dan nanti akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang dan Palembang ke Betung Banyuasin, tol ini akan menciptakan titik ekonomi baru, menciptakan jaringan logistik yang lebih baik".

 

 

Read more…
ADMIN TRAINING
BangunSumatera.com - Dilaporkan telah terjadi kecelakaan kemarin di Jalan Lintas Sumatera di Desa Sari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.
 
Dalam kejadian ini memakan korban 2 orang yang mengehebohkan warga setempat. 
 
Kecalakan ini Dump Truk adu kambing dengan minibus Daihatsu Luxio. Identitas korban supir Dump Truk bernama Bambang (40 Th) warga kebur Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, sedangkan minibus Daihatsu Luxio bernama Hardiansyah (26 Th) warga Desa Muara Temiang, Kecamatan Merapi Barat, Lahat.
 
Kejadian terjadi ketika mobil minibus Daihatsu Luxio memotong kendaraan di depannya hingga masuk jalur lain dengan kecepatan tinggi sehingga terjadilah kecelakaan karena diwaktu yang bersamaan ada Dump Truk Isuzu, tabrakan tak terhindarkan karena jarak terlalu dekat.
 
Pengemudi dan penumpang minibus Daihatsu Luxio tewas ditempat mengalami luka dibagian kepala,…
Read more…
ADMIN TRAINING

Rupiah Tertekan Perang Dagang

Nilai tukar rupiah berada di level Rp14.088 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot, Kamis (14/11) pagi. Posisi tersebut melemah 9 poin atau 0,06 persen dibanding penutupan Rabu (13/11), yang berada di level Rp per dolar AS.
 
Pagi hari ini, mayoritas mata uang di kawasan Asia melemah terhadap dolar AS. Terpantau lira Turki melemah 0,61 persen, won Korea 0,23 persen, dan ringgit Malaysia 0,07 persen.
 
Selanjutnya, peso Filipina terpantau melemah 0,06 persen, dolar Singapura dan dolar Hong Kong juga sama-sama melemah tipis sebesar 0,01 dan 0,02 persen. Sedangkan, penguatan hanya terjadi pada Yen Jepang sebesar 0,02 persen.
 
 
Kemudian di negara maju, mayoritas nilai tukar melemah terhadap dolar AS. Dolar Australia melemah 0,44 persen, dan dolar Kanada terpantau melemah tipis dengan nilai sebesar 0,02 persen, serta euro sebesar 0,03 persen.
 
Selain itu,…
Read more…
ADMIN TRAINING
BangunSumatera.com - Pelanggar lalu lintas masih kerap terjadi, bagi pelanggar lalu lintas masih kurang sadar dengan keselamatan mereka ketika melanggar lalu lintas, seperti menerobos lampu merah.
 
Untuk mengatasi permasalahan tartib rambu lalu-lintas, pemerintah kota memasang CCTV diberbagai titik dilampu merah.
 
Menyangkut CCTV yang dipasang di beberapa titik lampu merah, Pemerintah Kota Palembang memasang CCTV yang bertujuan untuk menindak lanjut para pengendara motor dan mobil yang tidak tertib dalam mematuhi peraturan lalu-lintas. Guna mewujudkan sistem rambu lalu-lintas yang tertib dan rapi, Pemerintah Kota Palembang dan Dinas terkait mengajak Organisasi gabungan dari beberapa pengusaha angkutan darat (Organda) untuk mensosialisasikan bahwa adanya sistem Area Traffic Control System (ATCS) yang akan diterapkan dibeberapa titik pada jalan raya kota Palembang.
 
Kini telah ada CCTV yang…
Read more…
ADMIN TRAINING
BangunSumatera.com - Makanan Indonesia sudah sangat terkenal dan melekat dilidah para Turis. Seperti sate, bakso, nasi goreng, rendang, dan mie.
 
Menyangkut makanan khas Indonesia yang telah mendunia, kini Indomie menjadi nominasi ramen terenak versi harian asal Amerika Serikat, LA Times.
 
Indomie terkenal dengan kaya rasa ciri-ciri khas rempah-rempah indonesia. Seperti Indomie rasa empal gentong, mi celor, coto makassar, cakalang, sop buntut, soto banjar limau kuit, dedeng balado, sambal mata, dan sebagainya.
 
Dari macam-macam varian yang disebutkan diatas ternyata varian Indomie rasa sapi panggang menempati juara pertama, Indomie rasa original menempati juara 10 versi LA Times. Fakta-fakta dibalik menjadi juara pertama dikarenakan didalam indomie goreng ayam panggang ada minyak bawang, kecap manis, dan saus. Bubuk penyedap kaldu ayam dan bawang goreng semuanya bahan-bahannya menjadi satu…
Read more…
ADMIN TRAINING
BangunSumatera.com - Memasuki pergatian musim kemarau dan musim penghujan, Waspada banjir dan tanah longsor.
 
Belum lama diketahui kemarin terjadi longsor di Ruas jalan nasional Medan-Sidikalang di Kawasan hutan lindung Lae Pondom, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Minggu (10/11/19).
 
Tanah, bebatuan, pohon-pohon besar serta banjir yang menjadi material longsor yang menutup ruas jalan. Dilokasi kejadian tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Dikarenakan situasi jalanan diduga sedang legang saat longsor terjadi. Longsor terjadi pada pukul 16.00 WIB.

 

Read more…
ADMIN TRAINING
BangunSumatera.com - Sumatera Selatan kembali terjerat kabut asap, Karhutla di Sumatera Selatan melebar lagi yaitu 361.857 h. Hujan telah mulai mengguyur Sumatera Selatan, tapi titik api pada Jumat (8/11) kembali meningkat.
 
Berdasarkan laporan titik api yang menjalar di Sumatera Selatan mulai dari hari Kamis (7/11/19) siang. Sebanyak 140 titik memiliki tingkat kepercayaan di atas 80 %, 234 titik dengan tingkat kepercayaan 30-80 persen, sementara 20 lainnya di bawah 30 persen.

 

Daerah yang terbesar luasan lahan terbakarnya yakni Ogan Komering Ilir (OKI) dengan 204.974 hektare, disusul Banyuasin 59.425 hektare dan 43.815 hektare di Musi Banyuasin. Terjadinya kabut asap lagi, kembali membuat masyarakat terganggu dikarenakan melakukan aktivitas terhalang dengan polusi udara yang tercemar. 

Read more…
ADMIN TRAINING
BangunSumatera.com - Tak Kunjung pulang kedua pendaki asal Jambi meninggal dunia ketika mendaki Gunung Dempo, Kota Pagaralam.
 
Jenazah di temukan di lereng kawah Gunung Dempo. Diketahui bahwa salah satu jenazah diduga bernama Fikri (19 th) pendaki asal Muara Bungo Jambi.
 
Jenazah tiba di Tugu Rimau pukul 22.16 WIB. Pencarian dilakukan selama 15 hari. Setelah dievakuasi Jenazah bernama M Fikiri Sahdilah (19 th) dan Jumadi (26 th), pendaki asal Muaro Bungo Jambi yang diduga korban terjatuh di lereng kawah Gunung Dempo Kota Pagaralam.
 
Kedua pendaki ini dinyatakan hilang sejak 15 Oktober 2019, keduanya ditemukan didalam jurang sedalam 300 meter. Barang yang ditemukan didekat jenaxah kalung dan tracking pole milik Jumadi dan satu sepatu gunung merek Eiger, ransel warna merah abu-abu merk Eiger, Hp Nokia, Hp Xiaomi, Jaket REI warna hitam merah, sandal gunung merek Rei yang diduga milik…
Read more…
ADMIN KONTEN

BangunSumatera.com - Desa Afia sekarang sudah memiliki galangan kapal baru setelah Menterti Hukum dan Ham Republik Indonesia Yassona Laoly telah meresmikan Galangan di Kecamatan Gunungsitoli Utara, Sumater Utara.

Yassona mengatakan bahwa saya bangga terhadap walikota Gunungsitoli dan Pt.Cahaya Baru Shpyar sudah mendirikan galangan tersebut dengan adanya Galangan kapal bisa menghemat perekonomian bagi pemilik kapal dari Simelu, Aceh dan Sibolga. Walikota Gunungsitoli mengatakan saya berharap Pulau BNias bisa jadi perhatian oleh nasional dan internasional dari sektor wisata dan sektor ekonomi.

Read more…
ADMIN KONTEN

BangunSumatera.com - Polair menangkap tujuh unit kapal yang mencari ikan si perairan Panipahan, tujuh kapal tersebut berasal dari Tanjung Balai Asahan Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Polair menangkap ketujuh kapal tersebut dikarnakan melakukan menjaring ikan tanpa surat izin penangkapan ikan.

Saat melakukan pemeriksaan Polisi air Daerah Riau mengatakan bahwa tujuh nakhoda tersebut hanya memegang surat izin SIPI untuk wilayah Sumut saja namun tidak untuk wilayah Riau. Para nakhoda kapal tersebut bisa di ancam dengan pasal 100 Jo Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Ri Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

 

 

Read more…