hit counter script
Serupa Tapi Tak Sama, Apa Itu Semen PCC dan OPC ?

BangunSumatera.com - Semen Potland Composite Cement atau yang biasa disebut PCC mempunyai keunggulan karena panas hidrasi lebih rendah sehingga akan lebih mudah dalam proses pengerjaan dan dapat menghasilkan permukaan beton serta plester yang lebih rapat dan halu. Semen PCC memiliki daya rekat yang kuat, kedap air dan kekuatan tekanan yang baik. Semen jenis ini biasanya diaplikasikan pada bangunan kontruksi pada umumnya seperti perumahan, gedung bertingkat, jembatan batako, dan sebagainya

Semen OPC Tipe l atau Ordinary Portland Cement

Semen OPC Tipe l mempunyai keunggulan karena cepat kering, memiliki daya rekat yang kuat, hasil adukan yang tidak mudah retak dan kekuatan tekan yang baik. Semen jenis ini direkomendasikan untuk keperluan bangunan kontruksi beton dimana syarat-syarat khusus tidak diperlukan. Biasanya digunakan pada struktur jembatan, jalan beton, dan sebagainya.

Semen OPC Tipe ll atau Ordinary Portland Cement

Semen OPC Tipe ll dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan kontruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang (0.10-0.20%) dan panas hidrasi bersifat sedang "Medium Resistance".

Biasanya semen jenis ini diaplikasikan pada bangunan yang letaknya di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi dan bendungan.

Baca: Apa Itu Semen Ekspose ?

Semen OPC Tipe V atau Ordinary Portland Cement V

Semen jenis ini direkomendasikan untuk keperluan bangunan kontruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat tinggi (lebih dari 0,20%) dan panas hidrasi bersifat tinggi "ultra Resistance" 

Biasnya semen tipe V diaplikasikan pada bangunan kontruksi di bawah air, pelabuhan, terowongan, kawasan tambang, dan sebagainya.

Sumber: Semenbaturaja.co.id