hit counter script
Perlukah Arsitek Saat Membangun Rumah?

BangunSumatera.com - Ketika Anda hendak membangun rumah idaman untuk keluarga, tentu ada banyak hal yang menjadi pertimbangan Anda. Bagaimana mendesain rumah, menyiapkan rancangan biaya, struktur bangunan, siapa yang mengawasi, kapan rumah selesai, dan lain sebagainya. Masalah tersebut seringkali muncul saat membangun rumah dan membutuhkan jawaban serta solusi.

Seorang arsitek sesuai dengan namanya, mereka adalah orang yang ahli di bidang merancang bangunan. Bisa dibayangkan bahwa mengerjakan desain rumah, memilih bahan sampai menentukan anggaran adalah makanan sehari-hari sang arsitek.

Ada beberapa keuntungan apabila Anda menggunakan jasa arsitek untuk merenovasi atau membangun rumah Anda:

Desain yang sesuai Konteks

Setiap site memiliki karakter yang unik sehingga dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan untuk melihat isu, kekuatan, kelemahan, serta alternatif strategi rancangan bangunan di site tersebut.

Memahami Style, Material dan Struktur

Pengetahuan terhadap beragam style, material, serta sistem struktur dan kontruksi meningkatkan strategi inovatif dan kualitas rancangan. Apalagi, keadaan di setiap area sangat beragam, seperti di daerah rawan gempa bumi, longsor, dan banjir membutuhkan rancangan yang berbeda-beda.

Menyusun DED dan RAB

Adanya gambar rancangan (DED) dan RAB dalam perancangan seperti tahap desain skematik, tahap pengembangan desain, tahap gambar kerja, dan seterusnya, menjadikan proses perancangan menjadi lebih rapi, sistematik, dan lebih transparan. Perencanaan yang matang dapat mengurangi terjadinya pembongkaran yang menghabiskan waktu dan dana lebih besar saat pengerjaan di lapangan.

Pengawasan Proyek

Arsitek juga berperan sebagai pengawas proyek. Site Visit dilakukan arsitek untuk memantau perkembangan progres konstruksi bangunan dan mengecek kesesuaiannya dengan gambar perencanaan. Perancangan solusi desain secara langsung dilapangan juga dapat dilakukan jika terdapat isu-isu tertentu yang muncul pada masa kontruksi.