hit counter script
Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse

BangunSumatera.com - Dalam dunia properti ada banyak sekali istilah-istilah yang sering didengar namun memiliki arti yang berbeda. Ada dua istilah nama yang bisa orang menilai dengan arti yang sama, dua istilah paling umum adalah rumah cluster dan townhouse. Kedua istilah ini biasanya digunakan untuk menunjukkan jenis hunian.

Berikut perbedaan rumah Cluster dan Townhouse :

1. Pengertian cluster dan townhouse

Cluster merupakan hunian berupa rumah yang didirikan secara berkelompok pada suatu lingkungan yang luas. Ciri khas dari rumah model cluster adalah tidak adanya pagar yang menjadi pemisah halaman setiap rumah, sehingga semua rumah dibangun secara berderet dan bersambung.

Townhouse sendiri merupakan suatu kompleks perumahan yang sangat eksklusif, karena hanya tersedia dalam beberapa unit saja. Rumah model ini biasa dijumpai di tengah pusat kota dan juga dikelilingi oleh tembok seperti cluster. Tipe townhouse pun memiliki keunggulan dari segi fasilitas, mulai dari kolam renang, taman bermain, ruang terbuka hijau, plus sistem keamanan yang terjamin.

2. Jumlah unit berbeda

Jumlah unit cluster dalam satu kompleks dapat mencapai beratus-ratus unit, sedangkan rumah townhouse hanya berkisar belasan hingga puluhan untuk satu kelompok.

Objek pasar dari cluster dan townhouse adalah aspek yang sangat berpengaruh dalam jumlah unit rumah. Seperti yang diketahui bahwa sasaran cluster adalah semua kalangan, sementara townhouse lebih menyasar kalangan dengan tingkat ekonomi menengah ke atas.

Baca: Ingin Miliki Rumah Cluster? Kenali Kelebihan Dan Kekurangannya

3. Perbedaan konsep dasar hunian

Pada dasarnya baik cluster ataupun townhouse memiliki satu persamaan yaitu menerapkan sistem one gate system. Jadi hanya ada satu jalur masuk ke dalam kompleks tempat tinggal yang bisa diakses baik oleh penghuni ataupun pengunjung.

Meskipun begitu konsep dasar hunian yang diusung oleh cluster lebih menitikberatkan pada keamanan lingkungan tinggal. Jadi pengamanan tidak hanya sebatas one gate system saja, tetapi mencakup seluruh kompleks cluster selama 24 jam penuh.

Tidak jauh berbedai dengan townhouse dalam hal pengamanan. Akan tetapi konsep dasar dari rumah townhouse bukanlah untuk keamanan lingkungan, melainkan lebih kepada ketersediaan perumahan eksklusif yang terletak di tengah-tengah kota besar.

4. Rumah cluster mengusung desain minimalis

Jumlah unit cluster yang jauh lebih banyak serta sasaran pasarannya yang bersifat umum, membuat desain rumah yang diterapkan bersifat minimalis.

Rumah townhouse sendiri dengan jumlahnya yang terbatas didesain semewah mungkin. Bahkan cluster dengan desain paling mewah sekalipun masih belum mampu menyaingi desain rumah townhouse.

Selain itu cluster rata-rata dibangun paling banyak dua lantai. Sedangkan rumah townhouse bisa mencapai tiga atau empat lantai, sehingga di dalam satu unit rumah juga tersedia lift.

5. Townhouse mempunyai fasilitas yang lengkap dan eksklusif

Townhouse mempunyai fasilitas yang lebih eksklusif dan lengkap dibanding dengan cluster. Umumnya fasilitas yang disediakan oleh kompleks perumahan cluster mencakup kebutuhan umum dan sehari-hari penghuni unit rumah. Misalnya taman bermain untuk anak, kolam renang untuk para penghuni unit cluster, lapangan basket, dan juga jogging track.

Sementara townhouse selain fasilitas seperti yang terdapat di kompleks cluster, juga dilengkapi berbagai fasilitas luxury. Sebut saja multifunction room sebagai ruang untuk mengadakan pesta, tempat gym, lapangan bermain tenis, bahkan banyak yang sampai menyediakan danau buatan.

Baca: Tips Membuat Garasi Mobil Tampak Minimalis

6. Kebijakan renovasi rumah cluster dan townhouse

Kebijakan melakukan renovasi rumah antara cluster dan townhouse juga berbeda. Ketika sudah cukup lama menghuni cluster ataupun rumah townhouse, kamu mungkin merasa bosan dan ingin melakukan perubahan dengan merenovasi beberapa bagian tertentu.

Meskipun sudah mempunyai gaya arstitektur sendiri, kamu masih dapat merenovasi cluster sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Akan tetapi kalau untuk rumah townhouse kamu tidak bisa melakukan renovasi, terutama interior yang berada di bagian depan.

7. Harga unit cluster lebih terjangkau dibanding townhouse

Dengan semua fasilitas dan spesifikasi yang dimiliki oleh rumah townhouse, maka harga satu unit rumahnya jauh di atas harga cluster. Diketahui harga satu unit rumah cluster tidak mencapai 1 miliar rupiah, sehingga membuatnya lebih terjangkau dibanding townhouse.

Sementara itu harga satu unit rumah townhouse dibaderol sekitar 5 kali lipat dari harga satu unit cluster. Dan itupun harga tersebut adalah yang paling murah dengan spesifikasi paling sederhana dari rumah townhouse.

 

(Sumber: blog.spacestock.com)