hit counter script
Perbedaan Rumah Cluster dan Residence

BangunSumatera.com - Ada beberapa banyak orang masih bingung dengan perbedaan rumah cluster dan residence. Rumah sendiri merupakan aset yang saat ini sedang banyak dicari oleh kalangan yang baru memulai keluarga sampai yang sudah berkeluarga dengan usia lanjut.

Berikut beberapa perbedaan rumah cluster dan residence :

Perumahan Cluster

Dalam mengulas perbedaan rumah cluster dan residence, Anda perlu memahami dulu apa itu perumahan cluster. Anda mungkin sudah sering mendengar yang namanya perumahan cluster, namun Anda belum tahu seperti apa perumahan ini.

Cluster ini merupakan perumahan yang berkelompok di dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah yang serasi.

Berbeda dari konsep desain residence yang minimalis dan sederhana, umumnya perumahan cluster mempunyai konsep desain rumah yang modern dan bergaya kekinian sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca: Ingin Miliki Rumah Cluster? Kenali Kelebihan Dan Kekurangannya

Lokasi perumahan cluster pun berada di kawasan perkotaan yang ramai. Selain itu, bisa juga berada di kawasan khusus permukiman. Istilah perumahan cluster memang merujuk pada rumah yang mempunyai model terbuka tanpa pagar yang mengelilinginya dan hanya ada satu gerbang saja.

Disamping itu, perumahan cluster adalah perumahan yang memiliki kualitas premium. Dimana di dalamnya telah didukung fasilitas lengkap. Dari ciri khas ini, bisa diketahui bahwa perumahan cluster begitu nyaman ditinggali.

Baca: Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse

Perumahan Residence

Perumahan residence umumnya mengusung konsep desain yang minimalis dan sederhana. Umumnya rumah tersebut mempunyai tipe dan juga ukuran yang seragam. Lokasi perumahan residence biasanya berada di sub urban, yakni pinggiran kota dengan lingkungan yang masih asri dan terbebas dari polusi.

Hal ini pun turut menjadi perbedaan rumah cluster dan residence. Jumlah rumah yang berada di perumahan residence dikonsep dengan jumlah yang lebih banyak. Dari segi harga, biasanya perumahan jenis residence akan dibanderol lebih murah dengan berbagai varian harga.

Fasilitas umum perumahan yang berada di perumahan residence juga cukup lengkap. Seperti playground dan masjid yang ada di kawasan perumahan tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan perbedaan rumah cluster dan residence di atas, dapat ditarik suatu kesimpulan. Dimana perumahan cluster mempunyai standar perumahan yang rapi. Baik dari segi fasilitas, tata keamanan, dan juga segi lingkungan perumahan cluster dan mempunyai konsep yang berbeda dari setiap clusternya.

Sementara untuk perumahan residence, hanya mempunyai beberapa unit. Selain itu, dukungan fasilitas yang disediakan juga tidak begitu banyak. Perumahan residence juga hanya mempunyai beberapa unit dengan konsep yang sama.

Perumahan residence dan perumahan cluster keduanya memiliki konsep yang berbeda dari tipe dan juga desain setiap rumahnya. Bahkan dari segi harganya pun berbeda.

 

(Sumber: harapanrakyat)