hit counter script
Pentingnya Sketsa Dalam Bidang Profesi Desain Bangunan

BangunSumatera.com - Sketsa adalah gambar sederhana yang biasanya dibuat secara global atau hanya melukiskan bagian-bagian pokok yang ingin diungkapkan pembuatnya.

Membuat sketsa merupakan langkah awal dalam kegiatan menggambar yang dilakukan oleh seorang arsitektur untuk memenuhi keinginan klien dari pembuatan desain sketsa bangunan yang mereka inginkan.

Biasanya sketsa dibentuk dengan menggunakan unsur garis, blok dan warna. Pada bidang keteknikan, sketsa biasa dibuat pada awal pemilihan sebuah rancangan untuk menilai efisiensi suatu design.

Dari gambar sketsa dapat menjadi acuan standar untuk pembuatan detail kontruksinya dengan segala macam pertimbangan seperti lingkungan, estetika sampai dengan angggarannya.

Dikutip dari Arsitur.com berikut beberapa hal yang penting dalam bidang profesi desain bangunan.

Sketsa adalah cara yang tercepat

Dalam memenuhi kebutuhan klien, cara yang paling cepat adalah dengan media sketsa, hanya membutuhkan kertas dan pensil/pena.

Tidak membutuhkan waktu lama bagi klien untuk informasi yang mereka inginkan.

Sketsa adalah media yang paling bebas

Sketsa adalah cara yang paling bebas untuk mengungkapkan imajinasi dan ide dengan kebebasan untuk bekarya di atas kertas.

Bila menggunakan teknologi CAD mungkin bisa namun terbatas pada kemampuan aplikasi dan memerlukan waktu yang jauh lebih lama untuk mengekspresikannya.

Sketsa merupakan cara yang paling simpel

Sktetsa memiliki segala keunggulan seperti cepat dalam membentuk konsep, bebas bekarya dan biaya murah tanpa harus membawa alat atau menguasai software.

Baca: Kekurangan Menggunakan Beton Pracetak

Sketsa merupakan media arsitek

Sketsa mungkin merupakan gambar draf, dibuat sangat cepat namun masih informatif. Terkadang mungkin tampilannya ala kadarnya sesuai keperluan semata.

Sketsa bisa dipadukan dengan teknologi

Dengan adanya pen tablet, seseorang bisa menuangkan imajinasinya dalam media digital. Sketsa di atas pen tablet bisa lebih baik, karena ada fitur undo untuk di perbaiki.

Sumber: Segala Sumber