hit counter script
Penggunaan Metode Chipping untuk Perbaiki Kolom Beton

BangunSumatera.com - Pengeroposan pada beton bisa terjadi pada beton yang baru maupun lama. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pengeroposan pada beton adalah penggunaan material yang kualitasnya kurang baik sehingga meningkatkan potensi keropos pada beton. 

Rusaknya beton bisa juga disebabkan komposisi material yang kurang tepat, seperti terlalu banyak air yang menyebabkan beton menjadi terlalu encer dan juga bisa menyebabkan terjadinya segregasi dimana semen dan air terpisah dan keluar melalui lubang-lubang kecil pada cetakan.

Baca: Perbedaan Bangunan Mixed Use dan Superblock

Ada metode khusus untuk memperbaiki kerusakan beton yaitu dengan menggunakan metode Chipping Beton. metode ini biasanya erat dengan concreting, di mana kedua metode ini diterapkan untuk mengatasu plat beton yang keropos dengan tulangan yang terekspose dan mengalami korosi maupun karat. Berikut beberapa tahapan pengerjaan chipping dan concreting pada beton: 

  • Mencari lokasi kerusakan (keropos) dengan tulangan yang terekspose.
  • Kupas serta lepaskan bagian yang mengalami pengeroposan tersebut hingga menemukan beton yang keras.
    Proses ini juga bisa menggunakan alat bantu seperti demolition drill, palu dan baji, gerinda, dan lain sebagainya untuk memudahkan proses pengerjaan.
    Selanjutnya bersihkan karat, serpihan beton, dan kotoran – kotoran lainnya yang menempel menggunakan sikat baja maupun alat yang sesuai seperti water jet atau kompresor.
  • Bila menemukan tulangan yang berkarat parah dan rusak, maka potong dan gantilah dengan yang baru dan tambahkan panjangnya dan ikat dengan kawat baja ataupun dilas.
    Setelah itu, bisa juga diberikan bahan antikarat untuk meminimalir terjadinya karat dan korosi.
  • Permukaan yang telah bersih tersebut kemudian dilapisi dengan perekat maupun lem beton dan diamkan selama beberapa menit.
  • Pasang bekisting atau cetakan beton dan siap untuk dicor.
    Pastikan bahwa material yang digunakan adalah material dengan kualitas terbaik guna meningkatkan mutu dan kualitas beton nantinya.
    Untuk memadatkan beton, bisa dengan memukul setiap sisi luar bekistik dengan palu karet.
  • Setelah proses cor beton selesai, dan bekisting dibongkar, kemudian lakukan curing beton pada permukaan beton untuk menghindari keretakan.

Sumber: Megaconconcrete.com