hit counter script
Pengertian dan Jenis Abutmen di Dunia Konstruksi

BangunSumatera.com - Abutment atau kepala jembatan adalah bagian kontruksi bawah jembatan yang terdapat pada kedua ujung pilar-pilar jembatan yang berfungsi untuk mendukung atau memikul seluruh beban bangunan di atasnya.

Abutment bekerja dengan menerima beban-beban yang berasal dari bangunan atasnya dan kemudian menyalurkan beban-beban yang diterimanya tersebut ke pondasi. Selanjutnya pondasi yang juga berfungsi sebagai penahan tanah akan meneruskan beban tersebut ke tanah dengan aman sehingga kestabilan tanah terjaga.

Baca: Kenali Seputar Atap Asbes Serta Kelebihannya

Beban bangunan jembatan terdiri dari beban hidup (terpaan angin, kendaraan, dll) dan beban mati (beban gelagar, dll) pada jembatan. Selain itu fungsi abutment jembatan ini adalah sebagai penahan tanah timbunan oprit jembatan (jalan pendekat).

Jenis abutment cukup bermacam-macam bentuknya. Kontraktor harus memperhatikan beberapa hal dalam pemilihan jenis abutment, seperti bentuk bangunan atas yang akan digunakan, kondisi tanah yang akan dipasang pondasi, dan kondisi bangunannya. Jenis dari abutment jembatan yaitu

  • Abutment Tipe Gravitasi,
  • Abutment T Terbaik dan,
  • Abutment Tipe dengan penopang.

Sumber: Pengadaan.com