hit counter script
Pengertian Arsitek dan Tugasnya

BangunSumatera.com - Arsitek berasal dari bahasa Yunani 'archee' yang berarti asli, utama, dan awal, serta 'tectoon' yaitu kokoh, tidak roboh, dan stabil. Kedua kata ini disatukan menjadi architetoon yang berarti orisinal dan kokoh.

Seorang arsitek memiliki pengetahuan yang luas, tak hanya kemampuan perancangan bangunan, melainkan ilmu lain seperti desain grafis, desain produk, bahkan desain game. Tugas seorang arsitek adalah merancang dan mendesain sebuah bangunan, bisa berupa tempat tinggal rumah atau apartemen, gendung perkantoran, sehingga fasilitas umum seperti taman kota.

Baca: Desain Rumah Open Plan yang Kekinian

Tidak hanya itu saja, ada beberapa tugas lain dari peran arsitek sebagai berikut:

  • Sebagai pemimpin berbagai proyek. Arsitek akan memimpin tim profesional lain yang akan bekerja pada tahap proyek ini termasuk kontraktor, perancang, dan investor.
  • Terlibat dalam setiap tahapan pembangunan gedung, mulai dari konsep awal hingga upacara pembukaan saat gedung selesai dibangun. Setelah selesai, seorang arsitek sering tetap terlibat dalam sebuah proyek saat bangunan berevolusi untuk menggabungkan lingkungan dan ide baru.
  • Tugas arsitek juga berkait dengan desain. Tak jarang, seseorang menyewa jasa arsitek untuk menghasilkan desain detail dari sebuah konsep atau ide yang ingin diwujudkan oleh klien.
  • Dalam perancangan sebuah bangunan, arsitek harus mematuhi peraturan bangunan dan keselamatan, peraturan perencanaan lokal, dan pembatasan, hingga undang-undang seputar pelestarian lingkungan setempat. 
  • Menguji kelayakan desain di atas kertas dengan menghasilkan gambar rinci dan menggunakan teknologi seperti CAD untuk menguji kelayakan desain. Tahap ini dapat melibatkan revisi terus-menerus dan menggambar ulang untuk memasukkan perubahan berdasarkan kebutuhan klien, anggaran dan peraturan. 
  • Arsitek akan terlibat dalam kunjungan lapangan dan pertemuan, mengawasi konstruksi dan menandatangani berbagai bagian pekerjaan, bernegosiasi dengan kontraktor dan menangani serta menyelesaikan masalah yang muncul.

Baca: Pinhome.id

Gambar: Freepik.com