hit counter script
Pemilihan Warna Lembut pada Rumah dapat Menyejukan Suasana Hati

BangunSumatera.com - Rumah dengan warna cerah dapat memberikan kesejukan pada penghuninya, dan memberikan kenyamanan. Menentukan warna dapat memiliki efek pada suasana hari, mempengaruhi karakter, dan berdampak pada kesehatan mental.

Pemilihan warna memiliki efek langsung pada suasana dan karakter pada sebuah ruangan, hal ini juga dapat berpengaruh Pada aktifitas sehari-hari

Dikutip dari The Healthy Home Economist, Dr. Hazel Parcell, seorang ahli nutrisi dan kesehatan ternama memberikan panduan dan rekomendasi dalam memilih warna ruangan di dalam bukunya.

Warna pink, biru dan warna pastel

Menurut Dr. Hazel, pilihan warna ini sangat cocok untuk kamar tidur. Warna ini cukup menenangkan dan mampu memberikan suasana santai sebagaoi bagian dari relaksasi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Warna hitam

Hitam dapat dianggap sebagai absennya sebuah warna dan ketiadaan energi. Menurut  Dr. Hazel Parcell lebih baik memilih dan mengunakan warna yang dapat menstimulasi tubuh seperti kuning, magenta, ungu, atau warna merah.

Baca: Jenis Lantai Kayu yang Cocok untuk Dapur

Warna putih

Putih merupakan warna yang selalu dapat diterima, terutama jika digunakan di area dapur. Apabila dikombinasikan dengan spektrum pencahayaan yang cukup, warna putih akan melahirkan suasana yang baik. Dr. Parcells juga merekomendasikan warna pastel untuk mendapatkan suasana dan energi kreatif pada dapur.

Warna kuning

Warna kuningadalah pilihan terbaik untuk kamar mandi, karena warna ini akan memberikan energi, merangsang saluran usus bahkan bisa mengurangi sembelit.

Warna oranye

Warna oranye dapat memberikan rangsangan oxygenization dan menormalkan metabolisme tubuh.

Ruangan bewarna indigo (Biru dan Ungu) 

Warna ini adalah warna yang tepat untuk kamar tidur. Warna ini cocok bagi penderita insomnia.

Merah sebagai warna ruangan

Hindari penggunaan warna merah pada kamar tidur anak. Dikarenakan warna merah dianggap terlalu memberikan rangsangan.

Dr. Parcells sukses melakukan berbagai eksperimen ketika menormalisasi kamar tidur anak-anak dengan memberikan warna pastel yang menenangkan. Sebaiknya pilihan warna merah diaplikasikan pada ruangan yang membutuhkan lebih banyak energi.

Sumber: Interiordesign.id