hit counter script
Mengenal Pengertian Desain Arsitektur Bergaya Neoklasik

BangunSumatera.com - Didapat dari berbagai sumber, Sistem gaya neo klasik mulai dikenalkan oleh seorang Gubenur Jendral yang bertugas di Hindia Belanda yaitu Herman Willen Daendels yang menjalankan tugas dari tahun 1808 hingga 18011. Pada saat itu geraka neo klasik muncuk du negara Perancis dengan sebutan Empire Style.

Menurut seorang ahli bangunan bersejarah Handinoto, ciri dari bangunan ini antara lain pada penataan ruangnya. Bentuknya yang simetris dan dinding ata temboknya dibuat dengan ukuran tebal, plafon yang digunakan memiliki ukuran yang tinggi serta lantainya menggunakan bahan marmer.

Sumber: Ragam Macam Rumah Adat Kebanggaan Indonesia

Pada bagian tengan dinamakan dengan central room dan selalu berhubungan secara langsung pada teras depan maupun belakang. Bangunan sayap dibagian kiri dan kanan digunakan sebagai ruang tidur, sedang fasilitas lainnya dibuatkan bangunan sendiri secara terpisah.

Halaman depan dibuat jalan yang berbentuk melingkar, jalan ini digunakan sebagai tempat untuk mobil masuk dalam gedung. Bagian depan bangunan serta di belakang menggunakan kolom yang menerapkan gaya Yunani seperti ionic, doric dan korinntian. 

 

Kolom-kolom yang dibuat secara berderet ini berfungsi untuk menyangga kontruksi dan kerangka atap, sedangkan fasadnya berbentuk segitiga.

Source Artikel: https://imagebali.net/detail-artikel/1253-pengertian-arsitektur-gaya-neoklasik.php

Source Image: https://www.arsitag.com/article/mengenal-arsitektur-neo-klasik