hit counter script
Makanan Khas Sumatera Barat yang Terkenal dengan Kesan Rasa Pedas

BangunSumatera.com - Tidak dipungkiri lagi bahwa masakan Padang punya banyak rumah makannya sendiri di berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Padang sendiri adalah salah satu wilayah di Sumatera Barat yang juga terkenal dengan makanan berbahan dasar daging dan santan. Soal rasa, masyarakat Minangkabau lebih menyukai rasa pedas, sehingga kebanyakan masakannya adalah bercita rasa pedas.

Bila kamu mencoba untuk mengetahui makanan apa saja yang endemik dari Sumatera, maka kami telah memberikan 5 daftar menunya. Sebagai berikut:

1. Lompong Sagu

3420133365?profile=RESIZE_710x

Salah satu jenis kue yang langka ditemui adalah kue dengan nama lompong sagu. Bahan yang digunakan untuk membuat lompong sagu adalah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisional Sumatera Barat ini berasal dari daerah Minang dengan rasa dominan manis dan ada aroma khas pemanggangan. Bentuknya sendiri sangat unik, setelah selesai dipanggang, biasanya akan disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan, bisa juga diberi taburan parutan kelapa.

Sedangkan pembuatan kue ini adalah dengan cara mencampurkan bahannya seperti, pisang kepok yang sudah dihaluskan, tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus, serta air secukupnya. Aduk adonan tersebut sampai benar-benar merata, kemudian masukkan adonan ke daun pisang sebesar 2 sendok makan adonan untuk dibungkus. Kedua ujungnya, kunci saja dengan lidi, sehingga akan dengan mudah dipanggang. Saat dipanggang, bolak-balik bungkusannya sampai benar-benar matang. Setelah matang, lompong sagu bisa disajikan dengan memotongnya menjadi beberapa bagian untuk dihiasi parutan kelapa atau memakannya secara langsung saat masih hangat.

 

2. Sate Padang

3420137477?profile=RESIZE_710x

Makanan khas sumatera barat yang satu ini tentu saja sudah sering untuk Anda nikmati, bahkan makanan yang satu ini bisa dengan mudah untuk Anda temui diberbagai kota selain kota Padang. Yup, makanan tersebut adalah sate padang.

Meskipun Anda sudah biasa menikmatinya, tentu saja jika menikmatinya langsung di kota asalnya dan juga dibuat langsung oleh orang asli Padang tentu saja rasanya akan berbeda. Sate padang ini juga umumnya dibuat dengan menggunakan olahan daging sapi, dan beberapa menggunakan lidah sapi dengan menggunakan siraman kuah yang sangat khas yang sangat kental berwarna kuning yang berasal dari kunyit dan juga rempah- rempah lainnya.

 

3.  Rendang

3420146126?profile=RESIZE_710x

Rendang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Di Indonesia mudah sekali untuk menemukan rending, setiap hari raya umat muslim di seluruh Indonesia pasti menyajikan makananan yang satu ini, dan di setiap rumah makan Padang menu ini menjadi menu utama yang selalu di cari.

Rendang berasal dari daerah Sumatera Barat yang beribukota Padang, makanan ini menjadi ikon masyarakat Minangkabau dikarenakan masyarakat Minang lah yang pertama kali menciptakan makanan terlezat di dunia ini, Rendang sudah ada sejak zaman dahulu tepatnya pada pertengahan Abad 16 sekitar tahun 1550 an, diyakini Rendang sudah ada sejak masyarakat Minang menggelar upacara adat pertama mereka.

Makanan ini mulai menyebar ke berbagai pelosok tanah air dan luar negeri seiring berjalannya tradisi Merantau rakyat Minangkabau, penyebaran Rendang mula mula menyebar ke kawasan Melayu, di mulai dari perantauan Minang menuju ke Sumatera Utara, Aceh, Riau, Jambi, Palembang sampai ke Negeri Jiran kita Malaysia dan setelah itu mulai menyebar ke seluruh pelosok Nusantara sampai ke Luar Negeri.

 

4. Gajeboh

3420149827?profile=RESIZE_710x

Siapa bilang jika makanan khas sumatera barat hanya rendang saja, tahukah Anda jika masih banyak lagi makanan yang bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke kota yang satu ini. Salah satunya adalah gajeboh atau juga masyarakat menyebutnya dengan sandung lamur.

Nah masakan yang satu ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya, hanya saja yang digunakan adalah bagian punuk daging sapi tersebut karena dibagian ini terdapat banyak lemaknya. Cita rasanya selain nikmat tentu saja gurih karena berasal dari lemak daging sapi tersebut.

Makanan khas sumatera barat yang satu ini menggunakan kuah seperti kuah gulai berwarna merah dan tidak dimasak dengan santan. Nah lemak yang berasal dari daging sapi tersebut memberikan sensasi rasa yang sangat berbeda dan juga tentu saja nikmat.

Bahkan beberapa orang menyebutkan jika gajeboh ini adalah makanan yang paling enak dan juga nikmat terlebih jika disantap dengan nasi panas.

 

5. Nasi Kapau

3420153754?profile=RESIZE_710x

Jika ada nasi gudeg di Yogyakarta yang sudah terkenal, maka di Bukittinggi ada yang namanya nasi kapau, yang sama-sama menggunakan nangka. Namun bedanya, nasi kapau lebih lengkap, karena selain nasi dan sambal, ada juga gulai sayur nangka (cubadak) yang bisa ditambah dengan puluhan lauk lain. Gulai nangka yang digunakan juga berair, tidak seperti gudeg, karena dimasak dengan santan namun tidak terlalu kental. Biasanya para pedagang nasi kapau akan menyajikan makanan pokok khas Sumatera Barat ini lalu akan diberi aneka lauk berupa sayur dan daging, namun gulai nangka akan selalu menemani satu porsinya.

Aneka lauk yang bisa dipilih oleh pembeli kebanyakan adalah daging, mulai dari rendang daging sapi, rendang ayam, ayam goreng, gulai ayam, dendeng balado, belut goreng, tongkol balado, teri balado, ayam panggang, gulai ikan, dan kikil. Itu masih kategori daging, karena masih ada lagi sayur-sayurannya, yakni rebung muda, kol, kacang panjang, dan kadang-kadang sayur pakis. Terus untuk memperkaya lauk, masih ada pilihan gulai-gulai yang khas, meliputi gulai cangcang yang berisi tulang dan daging kerbau, gulai tunjang yang berisi urat kaki kerbau dan sapi, dan gulai usus (gulai tambunsu) yaitu gulai yang berupa usus sapi berisi telur kocokan. Untuk menjumpai pedagangnya, di kawasan Pasar Bawah Bukittinggi terdapat banyak pedagang nasi kapau yang menjamur. Harganya tergantung dengan banyaknya lauk yang dipilih, namun harga reratanya dimulai 15 ribu atau 20 ribu rupiah.

 

Demikianlah 5 makanan khas Sumatera Barat yang enak, menggoyang lidah dan masih banyak lagi. Walaupun kebanyakan didapat dari kota-kota besar di Sumatera Barat seperti Padang, Payakumbuh, dan Bukittinggi, namun dengan daftar ini semoga bisa memudahkan pencariannya. Karena di kota-kota besar lebih mudah ditemui alamatnya, maupun penjualnya, tak terkecuali di pinggir jalan. Lestarikanlah produk-produk asli Tanah Air dengan cara membelinya dari para penjual atau membuat usaha menu-menu tersebut agar semakin jaya.