hit counter script
Kenapa Rumah Honai Papua Memiliki Bentuk Seperti Jamur ?

Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang ada disetiap daerah, bahkan arsitektur pada model bangunan memiliki ciri khas tersendiri salah satunya adalah arsitektur rumah Honai yakni rumah adat suku Dani, Papua.

Keberadaan Rumah Honai dapat ditemukan di lembah-lembah dan pegunungan di pulau Papua dengan ketinggian 1.600 - 1.700 meter di atas permukaan air laut.

Honai adalah rumah mungil khas Suku Dani Papua yang unik dengan berbentuk seperti jamur, rumah ini memiliki bentuk dasar lingkaran dengan rangka kayu berdinding anyaman dengan atap kerucut yang terbuat dari jerami. 

Perlu diketahui tinggi dari rumah Honai sekitar 2,5 meter dan berbentuk jamur bila dilihat dari udara, bahan bangunan dari rumah inipun terbuat dari bahan alami yang dapat dipebarui.

Baca: Kenapa Yogyakarta Disebut Daerah Istimewah ?

Sebenarnya ada fungsi dari bentuk rumah Honai diantaranya sebagai pelindungan seluru permukaan dinding agar tidak basah terkena air hujan dan dapat menghalangi hawa dingin agar tidak masuk ke dalam rumah.

Didalam rumah Honai terdapat tempat galian tanah yang berfungsi sebagai tungku untuk menyalakan api sebagai penerangan, menghangatkan dan memasak.