hit counter script
Kelebihan Memanfaatkan Rotan Sebagai Furnitur

BangunSumatera.com - Rotan adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan furnitur. Bahan baku furnitur rotan banyak ditemukan di wilayah Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Nusa Tenggara.  Furnitur rotan hadir dengan berbagai macam desain, mulai dari gaya vintage hingga gaya modern.

Ada banyak kelebihan memanfaatkan rotan sebagai furniture diantaranya: 

  • Miliki bahan fleksibel

Bahan fleksibel ini dapat membuat pengerajin memiliki banyak pilihan model untuk memenuhi permintaan konsumen. Bahan rotan bisa dijadikan kursi dan meja berbentuk persegi, bulat, atau bentuk lainnya. 

  • Perawatan mudah

Furnitur rotan memiliki perawatan yang mudah bila dibandingkan dengan furnitur lainnya. Cukup gunakan kain dan sabun biasa untuk membersihkan furnitur rotan. Sedangkan bagian sudut bisa menggunakan kuas kecil.

  • Ramah lingkungan

Rotan merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan dan dapat sepenuhnya tumbuh serta dipanen dalam waktu dua tahun, oleh karena itu rotan merupakan bahan yang sepenuhnya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

  • Tahan segala cuaca

Furnitur rotan dapat tahan di berbagai kondisi cuaca, selain itu bahan ini juga tahan terhadap pertumbuhan lumut yang dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur rotan itu sendiri. Jadi tak heran bila furnitur rotan kerap digunakan mempercantik area luar rumah, seperti rooftop garden atau terrace garden

  • Ringan dan tahan lama

Furnitur rotan dapat dipindahkan di berbagai area yang di inginkan karena memiliki bobot yang ringan. Meskipun begitu rotan tetap kuat menahan beban dan tidak mudah rusak.

  • Harga tergolong murah

Kelebihan furnitur rotan adalah harga yang tergolong relatif murah dibandingkan dengan furnitur berbahan lainnya. Meskipun dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, namun tidak membuatnya memiliki kualitas yang murahan.