hit counter script
Kelebihan & Kekurangan Lantai Kayu di Rumah

BangunSumatera.com - Dari sekian banyak elemen interior yang ada di rumah, lantai merupakan bagian terpenting yang sering terlupakan. Padahal, lantai yang tepat bisa melindungimu dan keluarga, baik saat berdiri maupun duduk di kursi lesehan atau tanpa alas sekalipun. Bayangkan salah memilih material lantai untuk ruanganmu, bisa-bisa kamu atau orang terkasih terpeleset dan terjatuh. Salah satu material yang dianggap paling baik mencegah hal ini adalah lantai kayu.

Bukan cuma bisa menghindari gesekan pada lantai dan mencegah terpeleset karena lantai licin, lantai kayu juga merupakan favorit banyak orang karena sifat estetiknya yang bisa memperindah rumah. Jadi, lantai kayu bisa menjadi pemanis rumahmu kalau digunakan secara tepat.

Dikutip dari dekoruma, berikut beberapa plus minus lantai kayu di rumah:

- Lantai kayu lebih awet dan memberi efek visual yang bagus

Lantai kayu memiliki bahan kayu solid sehingga memberi kesan estetik yang bagus dan menarik karena corak alami yang dimilikinya. Kesan alami dari lantai kayu ini bisa membuatmu merasa betah berada di dalam rumah. Apalagi buat kamu yang menyukai suasana alam.

Motif dari lantai kayu yang beraneka ragam bisa membuat kita leluasa memilih motif yang pas untuk rumah. Selain itu, lantai kayu juga dinilai lebih awet lho, dengan perawatan yang baik dan benar, lantai kayu di rumah dapat bertahan sampai 20 tahun. Salah satu cara perawatan yang baik adalah dengan cara re-coating atau mengecat ulang setiap 3 bulan sekali.

- Lantai kayu membuat ruangan menjadi lebih hangat

Sifat alami kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari dan mampu menghangatkaKelebihan n udara pada malam hari membuat suhu ruangan cenderung menyesuaikan diri dengan suhu udara. Jadi kamu nggak perlu khawatir merasa terlalu dingin atau terlalu panas dengan lantai kayu.

- Perawatan lantai kayu lebih mudah

Untuk membersihkan permukaan lantai kayu sejatinya tak sesulit yang kamu bayangkan lho. Cukup menggunakan vacuum cleaner atau sapu bulu halus kamu bisa membersihkan kotoran atau remah-remah. Untuk membersihkan noda atau benda-benda cair, cukup gunakan lap untuk membersihkannya.

- Lantai kayu memiliki efek yang bagus buat kesehatan

Lantai kayu diyakini bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di ruanganmu. VOC sendiri adalah senyawa organik yang memiliki tekanan uap yang sangat tinggi dan mudah menguap pada temperatur dan tekanan ruang.

Salah satu senyawa seperti metana dan non-metana dapat membahayakan kesehatan, karena memiliki sifat karsinogenik. Nah, dengan kemampuan lantai kayu yang bisa menyesuaikan suhu ruangan, tentunya ini juga bisa membuat penghuni rumah terbebas dari efek negatif VOC.

- Menggunakan lantai kayu pada rumah untuk investasi jangka panjang

Lantai kayu juga disebut sebagai investasi jangka panjang karena dapat meningkatkan nilai jual dari properti penghuni rumah. Harga jual dari rumah pasti akan berbeda jauh dengan harga saat pertama kali membeli rumah itu.