hit counter script
Jenis Aspal yang Sering Digunakan di Indonesia

Aspal Alam

Jenis aspal alam adalah aspal yang berbentuk dari proses alam dan bisa didapat dari gunung aspal atau danau. Aspal alam berasal dari Pulai Buton dengan gunung-gunung aspalnya sehingga disebut dengan asbuton.

Sedangkan untuk aspal danau banyak ditemui pada danau di Trinidad dan Venezuella dengan campuran minilar, bitumen, dan bahan organik lain di dalamnya.

Aspal Buatan

Aspal buatan atau aspal destilasi , karena aspal ini dibuat dari proses pengolahan dan penyulingan minyak bumi yang disebut destilasi. 

Destilasi sendiri merupakan proses penyulingan yang memisahkan minyak bumi dengan fraksi di dalamnya dengan menaikkan temperatur minyak tersebut.

Baca: 

Aspal buatan terdiri menjadi tiga yaitu:

  • Aspal keras merupakan residu dari hasil penyulingan minyak bumi dan fraksi di dalamnya, dimana aspal ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan AC.
  • Aspal keras dapat dilarutkan dengan bahan pelarut yang berbasis minyak untuk menghasilkan aspal cair, jenis aspal buatan buatan yang kedua.
  • Sedangkan aspal emulsi dibuat dari pemisahan partikel aspal keras melalui proses emulsi hingga menghasilkan partikel yang sangat kecil namun memiliki kemampuan mengikat dengan cepat.

Aspal Modifikasi

Jenis aspal modifikasi yaitu aspal yang berbentuk dari campuran aspal buatan khususnya aspal keras dengan bahan tambahan tertentu.

Biasanya bahan yang digunakan jenis bahan polymer, antara lain polymer elastomer dan polymer plastomer.