hit counter script
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

BangunSumatera.com - Atap asbes adalah jenis atap yang banyak digunakan di Indonesia. Atap ini terbuat dari asbes semen atau fiber. Bentuknya berupa lembaran tipis bergelombang seperti seng yang memiliki ragam gelombang, baik kecil maupun besar. Ukuran panjang dan tebalnya pun bermacam-macam.

Atap ini tidak bisa memantulkan sinar matahari. Akan tetapi dapat menyerap sinar matahari. Banyak orang juga yang menggunakannya sebagai atap rumah mereka tinggal. Kelebihannya adalah harganya yang murah sehingga semua kalangan bisa membelinya dan banyak digunakan.  Karena berbentuk lembaran, bobotnya menjadi lebih ringan dan membuatnya mudah dipasang.

Baca: Mengenal Vertical Garden

Atap asbes sangat mudah dibersihkan. Ditambah, atap asbes tahan terhadap segala cuaca apapun sehingga orang-orang yang berada di bawahnya akan aman serta anti rayap. Meski murah dan mudah dipasang, atap asbes punya beberapa kelemahan. Seperti yang dikatakan di awal, atap asbes menyerap panas. Jika kamu memiliki rumah dengan atap asbes, Anda akan merasa sangat panas berada di dalamnya.

Dengan begitu, sebenarnya atap asbes nggak disarankan untuk digunakan di daerah yang panas. Karena berbentuk lembaran panjang yang tipis, atap asbes sangat rapuh dan mudah sekali sobek. Saat memasangnya, kamu harus super hati-hati. Kalau atap asbes retak atau sobek, kamu harus menggantinya dengan atap asbes yang baru. Paling parah, atap asbes membawa dampak kesehatan yang membahayakan.

Source: Dekoruma.com