hit counter script
Ini Dia 7 Manfaat Mengkonsumsi Garam Dapur

BangunSumatera.com - Garam biasa digunakan untuk melengkapi citra rasa pada masakan agar menjadi enak, bumbu dapur satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia.

Banyak yang menganggap konsumsi garam membahayakan kesehatan. Hal ini benar adanya, namun ternyata tubuh manusia membutuhkan asupan garam juga. Garam dibutuhkan tubuh untuk menyeimbangkan kadar cairan serta menjalankan fungsi otot serta saraf. Berikut ini adalah sejumlah manfaat garam untuk kesehatan: 

1. Mencegah Penyakit Gondok

Kandungan garam dapat mencegah terjadinya penyakit gondok. Tanpa jumlah yodium yang cukup, kelenjar tiroid akan membengkak karena permintaan tubuh untuk terus memproduksi hormon tiroid. Pembengkakan kelenjar tiroid berakibat pada perubahan bentuk leher di mana leher akan ikut membengkak atau muncul benjolan. 

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Manfaat garam bagi tubuh sangatlah penting, karena dapat mempertahankan tingkat hidrasi. Apalagi bagi orang yang bekerja di luar ruangan dan yang berolahraga secara teratur, mereka perlu memulihkan kekurangan garam dan air yang terjadi melalui keringat. 

Jika keseimbangan elektrolit dalam tubuh terjaga dengan baik, maka fungsi organ manusia juga dapat berjalan baik.

 

3. Menghalau Terjadinya Hiponatremia

 

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuh. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air. 

Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika kebutuhan garam tidak tercukupi, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air di dalam tubuh dan pada akhirnya mengalami pembengkakan karena sel-selnya kelebihan air.

Baca:Tips Membersihkan Kolam Renang Sendiri

4. Memelihara Kesehatan Mulut

Salah satu khasiat garam adalah untuk menjaga kesehatan mulut. Anda perlu tahu bahwa infeksi bakteri pada mulut dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi. 

Untuk mencegah berkembangnya bakteri, berkumurlah menggunakan air garam. Hal ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit pada gusi. 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

 

Manfaat garam selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Jika Anda sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut.

Baca: Tips Cara Melepaskan Wallpaper Dinding

6. Mencegah IQ rendah

Yodium sangat penting dalam masa perkembangan otak, terutama pada usia 3-5 tahun. Menurut penelitian, mereka yang kekurangan garam beryodium cenderung memiliki IQ yang lebih rendah dibandingkan mereka yang kebutuhan yodiumnya terpenuhi dengan baik. 

7. Berperan dalam Sistem Saraf

 

Sebagai penyedia natrium, garam tidak hanya baik untuk otak, tapi juga otot dan fungsi sistem saraf. Natrium adalah pengatur air dalam tubuh Anda. Hal inilah diperlukan untuk transmisi sinyal listrik dalam tubuh. Namun tidak disarankan untuk lansia yang mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak.

 

 

(Klikdokter)