hit counter script
Ingin Miliki Rumah Cluster? Kenali Kelebihan Dan Kekurangannya

BangunSumatera.com - Rumah cluster adalah konsep perumahan tertutup yang di dalamnya terdapat banyak unit rumah dalam satu lingkungan dengan bentuk yang serasi satu sama lain. Pada tipe rumah cluster ini, tidak terdapat pagar penghalang antara satu rumah dan rumah lainnya, tetapi keseluruhan lingkungan dibatasi dengan sistem pengamanan yang baik.

Bagi Anda yang berencana ingin miliki rumah cluster ada beberapa pertimbangan yang harus diketahui dari segi kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut: 

 

Kelebihan

Keamanan yang Lebih

Kelebihan utama dari tipe rumah cluster adalah sistem keamanan yang maksimal. Perumahan cluster hanya memiliki satu pintu keluar-masuk yang dilengkapi dengan penjagaan satpam. Saat ini, sudah banyak pula cluster yang menerapkan sistem ID card bagi para penghuninya. Anda juga tidak perlu khawatir jika anak-anak Anda bermain di sekitar lingkungan rumah karena keamanannya terjaga. 

Lingkungan Mendukung Kegiatan Sosialisasi

Rumah tipe cluster  tidak memiliki pagar pembatas antara satu rumah dengan rumah lainnya. Oleh karena itu, para penghuni bisa saling bersosialisasi satu sama lain. Jumlah unit rumah cluster yang tidak terlalu banyak juga menciptakan keakraban dari seluruh penghuni lingkungan cluster.

Baca: Tips Membuat Garasi Mobil Tampak Minimalis

Lingkungan yang Nyaman dan Asri

Lingkungan cluster didesain dengan taman-taman kecil yang dipenuhi tanaman hijau yang refreshing. Desain perumahannya juga terlihat sangat homey dan cocok bagi Anda yang mempunyai anak kecil.

Nilai Investasi Tinggi

Seiiring berjalannya waktu, rumah cluster semakin diminati banyak first jobber atau pasangan muda karena eksklusivitas dan tingkat keamanannya yang tinggi. Hal ini menjadikan rumah cluster bernilai jual tinggi.

Kekurangan

Desain Rumah yang Sama

Rumah tipe cluster juga di sisi lain memiliki kekurangan. Hal yang menjadi kelemahan rumah cluster adalah tidak ada kebebasan untuk mengubah bentuk dan desain rumah. Rumah cluster memang didesain untuk memiliki bentuk yang serasi satu sama lain. Para penghuni sangat dibatasi dalam hal mengubah bentuk, warna dan juga desain dari rumahnya. 

Perlu Biaya Tambahan

Keamanan yang tinggi membutuhkan bantuan sumber daya. Kelemahan lainnya dari rumah cluster adalah perlunya biaya untuk membayar para satpam yang bertugas untuk menjaga keamanan di lingkungan rumah. Namun sisi baiknya, keamanan Anda dan keluarga menjadi lebih terjamin tentunya.

Fleksibilitas Rendah

Sisi buruk dari fasilitas keamanan yang tinggi adalah fleksibilitas yang rendah dari lingkungan rumah cluster. Karena hanya ada satu pintu yang digunakan untuk keluar-masuk, Anda harus melewati pintu yang sama dalam situasi apapun, berbeda dengan komplek perumahan biasa yang mempunyai beberapa akses. Walau begitu, di lain sisi, keberadaan satu pintu ini meningkatkan keamanan rumah.

Harga yang Tinggi

Membeli rumah yang siap huni tentunya akan membuat harga jual menjadi semakin tinggi. Tipe rumah cluster dijual dengan harga yang relatif tinggi, terutama jika dibandingkan dengan membangun rumah secara pribadi di daerah pemukiman.

 

(Sumber: sejasa.com)