hit counter script

BangunSumatera.comKantor di garasi rumah adalah tren yang sempat populer di tahun 90-an. Dan kini dengan semakin banyaknya orang yang bekerja dari rumah –memanfaatkan internet, e-mail, dan telepon– hal seperti ini jelas bukan lagi sebagai tren, tapi sebagai cara hidup.

Apabila garasinya memang terpakai untuk menyimpan kendaraan, Anda bisa meninggikan atapnya dan membuat kantor atau rruang kerja di atasnya. Di sisi lain, hal ini tentunya juga dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda.

Plus, pembangunannya juga dapat berlangsung aman tanpa mengganggu aktivitas keluarga Anda karena bukan dibangun di dalam rumah. Berikut adalah beberapa tahap membangun kantor di garasi: 

Konsultasi dengan ahli renovasi

Sebelum memutuskan untuk memperluas garasi Anda, konsultasikanlah dengan kontraktor bangunan atau tukang berpengalaman. Beberapa garasi mungkin bisa langsung dibuat jadi kantor tapi bisa jadi juga membutuhkan rangka pendukung tambahan.

Jadi sebaiknya biarkan ahlinya yang memutuskan. Dan jika perlu gunakan arsitek juga. Mereka dapat menambahkan unsur estetik tanpa mengorbankan integritas struktural bangunan.

Hadirkan desain garasi

Daripada membangun sebuah kotak berlantai dua, tambahkan jendela pada atap dan miringkan untuk mempercantik eksteriornya. Buat desainnya sesuai dengan penambahan tersebut.

Baca: Apa Itu Concrete Pump ?

Pilih konsep interiornya

Jika ruangan tersebut juga digunakan sebagai ruang bermain anak-anak atau ruang duduk ketika Anda tidak sedang bekerja, pasang rak penyimpanan atau lemari kabinet agar ruangannya tidak berantakan sehingga ruang kerja Anda tidak seperti “kapal pecah”.

  • Pasang sambungan listrik dan saluran telepon tambahan. Ingat, lebih murah dan mudah untuk menempatkan jalur listrik tambahan sebelum dinding terpasang.
  • Jika mungkin pasang juga pipa saluran air dan pembuangan. Hal ini juga dapat meningkatkan nilai rumah Anda dan memungkinkan ruang tersebut untuk disewakan suatu saat.

Jangan lupa sambungan

Jika anggaran Anda memungkinkan, pertimbangkan juga untuk membuat jalur khusus atau jembatan sebagai tambahan. Berikan perhatian khusus jika Anda akan membangun tangga di luar.

Ingat, pemasangan tangga yang kurang tepat dapat mengganggu desain bangunan yang baik.

Perhatikan juga pintu garasi yang sudah ada. Jika dasarnya adalah pintu besi, maka menggantinya dengan pintu garasi dari kayu secara dramatis akan mengubah tampilannya sehingga memberi kesan yang kuat terhadap renovasi tersebut.

Source: Rumah.com