hit counter script
Ciri-Ciri Handphone yang Disadap

BangunSumatera.com - Pengguna perangkat elektronik sangat rentan terhadap yang namanya penyadapan.

Seperti diketahui penyadapan telepon adalah pemantauan percakapan telepon dan internet oleh pihak ketiga, seringkali dilakukan dengan cara rahasia.
Terlebih pada handphone, penyadapan membuat penggunanya menjadi cemas.
Penyadapan mejadi wajar dilakukan hanya untuk kepentingan penyidikan. Namun, jika penyadapan dilakukan untuk kepentingan tertentu dan membuat orang lain rugi akan membuat penggunanya menjadi was-was.
Penyadapan biasanya bertujuan untuk mencari informasi secara diam-diam.
Maka dari itu, pengguna handphone perlu selalu waspada dan mengenali tanda-tanda kalau handphone Anda sedang disadap.

Dikutip dari liputan6.com berikut tanda-tanda handphone Anda telah disadap:

1. Baterai Mudah Panas dan Cepat Habis
Ada banyak penyebab baterai handphone menjadi panas dan membuatnya jadi cepat habis. Beberapa di antaranya dikarenakan pemakaian aplikasi yang terlalu banyak dan penggunaannya yang tak terkontrol.
Namun, kamu perlu waspada jika baterai handphone cepat habis padahal penggunaannya masih dalam batas wajar. Hal ini menandakan handphone kamu berhasil disadap oleh pihak ketiga.
Daya baterai yang lebih cepat habis tanpa penggunaan berlebihan, bisa jadi tanda handphone terdapat malware. Hal ini dikarenakan, handphone yang disadap akan merekam dan mengirimkan semua aktivitas kepada pihak ketiga.

2. Penggunaan Data Seluler Meningkat
Penggunaan data seluler yang tidak wajar atau berlebihan bisa menghilangkan datanya dengan sangat cepat.
Ketika dirasa penggunaan data seluler tidak berlebihan dan data mengalami pengurangan yang cukup drastis, maka kamu perlu curiga. Kondisi ini menandakan adanya pihak ketiga yang sedang masuk ke perangkat kamu.

3. Kinerja Handphone Semakin Menurun
Apabila handphone kamu mengalami kinerja menurun atau semakin melambat, maka kamu perlu sedikit curiga. Walaupun sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan membersihkan cache atau menghapus sejumlah data tak terpakai.
Ketika penyelesaian masalah tersebut tak membuahkan hasil, maka kamu perlu curiga. Di mana kondisi ini merupakan salah satu penyebab yang mungkin terjadi diakibatkan oleh adanya malware.
Di sini malware akan mengakses informasi dasar termasuk memotong lalu lintas pesan dalam sebuah perangkat. Kondisi ini membuat data yang dibutuhkan melakukan prosesnya dengan menjadikan performa menjadi lebih lambat.

4. Mendapat Teks atau Pesan Aneh
Pesan aneh atau spam merupakan salah satu tanda lainnya untuk mengetahui kalau handphone kamu telah berhasil disadap. Untuk itu, sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan pesan begitu saja yang tiba-tiba muncul dan berisi karakter, angka, atau simbol acak.
Pesan singkat yang dikirimkan semacam ini merupakan salah satu bentuk kejahatan siber yang biasa dilakukan. Bahkan, apabila berhasil menyusup ke prangkat, pihak yang menyerang dapat mengirim pesan tanpa diketahui oleh si pemilik handphone.
Pesan yang dikirimkan tersebut biasanya menjadi celah untuk menyerang sasaran lainnya yang diambil berdasarkan kontak korban pertama. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan pesan yang terkirim dari handphonemu dan perhatikan apakah ada pesan yang dikirim tanpa persetujuan pengguna.

5. Ada Aplikasi Tiba-tiba Terpasang
Ternyata, handphone bisa disadap lewat pemasangan aplikasi tanpa sepengatahuan pengguna. Biasanya, aplikasi ini tidak ditampilkan di handphone, tetapi dapat berjalan sendiri di background.
Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan aplikasi yang sedang berjalan dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak biasa guna memastikan handphone kamu baik-baik saja. Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah pihak lain berusaha untuk menyadap atau menyusup ke handphone kamu.
Salah satunya dengan mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resminya.. Handphone Apple dan Google sudah memiliki sistem penyaringan, terlebih untuk memastikan sebuah aplikasi tersebut aman. Tetap berhati-hati ketika membuka tautan atau pesan dari sumber tak jelas untuk mencegah penyusup bisa mengakses perangkatmu.