hit counter script
Cara Mencegah Agar Besi Tidak Berkarat

BangunSumatera.com - Besi yang tidak dirawat akan mudah mengalami korosi atau karatan, sehingga tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Bila besi dimanfaatkan sebagai penyangga bangunan maka bangunan jadi rentan roboh.

Air menjadi salah satu penyebab besi berkarat, tetapi tidak cuman di satu faktor saja, melainkan ada faktor lain yang bisa menyebabkan salah satu masalah.

Ada beberapa cara untuk mencegah supaya proses berkarat tidak terjadi dengan lakukan beberapa langkah yaitu dengan menggunakan perangkat AC (Air Conditioner) untuk mengkondisikan udara sedemikian rupa sehingga tidak terlalu banyak mengandung uap air, bisa juga besi disatukan dengan logam campuran akan membuat karakteristiknya berbeda sehingga lebih tahan terhadap korosi. Stainless steel merupakan besi yang termodifikasi sehingga karakteristiknya berubah menjadi antikarat.

Baca : Ini Dia Penyebab Besi Berkarat

Menghindari terjadinya karat juga dapat dilakukan dengan penerapan proteksi katodik, proses ini dilakukan dengan mengorbankan logam lain yang lebih mudah teroksidasi daripada besi. Atau dapat dilakukan dengan melapisi permukaan besi sehingga dapat mencegah terhadap korosi.