hit counter script
Cara Membuat Ruangan Sejuk Tanpa Air Conditioner

BangunSumatera.com - Miliki rumah dengan suasana yang sejuk dan sehat tentu di inginkan oleh setiap orang, perlu pengetahuan yang cukup ketika mendesain rumah agar mendapatkan udara yang baik tanpa menggunakan Air Conditioner (AC).

Terlebih bagi yang tinggal di perkotaan dan tidak menggunakan AC tentu udara akan panas dan ini sangat menggangu aktivitas dan membuat tidak nyaman.

Berikut cara menyejukan ruangan tanpa menggunakan AC:

  • Tutip gorden pada siang hari

Untuk menjaga panas agar tidak masuk, sebaiknya tutuolah gorden pada siang hari. Cara ini dapat mencegah dan menghalangi agar udara panas tidak masuk.

  • Buka jendela atau pintu pada malam hari

Dengan membuka jendela atau pintu, Anda juga dapat menciptakan angin sepoi-sepoi yang akan memenuhi ruangan dengan udara sejuk.

Baca: Pengertian Screed Sebagai Pelapis Lantai

  • Letakan es di depan kipas angin

Untuk menambah kesejukan dalam ruangan, sebaiknya letakkan es di depan kipas yang menyala, cara ini dapat membuat angin menjadi sejuk dan menyebar ke sekitar ruangan.

  • Gunakan kasur di lantai

Dengan posisi kasur yang dekat dengan lantai akan membuat lebih tenang, adem dan sejuk. Lebih baik lagi bila menggunakan matras tipis sehingga lebih nyaman saat beristirahat.

  • Gubakan lapu LED

Lampu LED ini tidak memancarkan panas yang berlebihan, sehingga dapat membantu membuat ruangan Anda tetap dingin dan sejuk. Selain itu lampu LED juga ternyata jauh lebih hemat listrik, lebih canggih dan juga dapat diubah pengaturan warnanya.

Sumber: Kompas.com & Pinteres.com