hit counter script
Cara Kerja Turbine Ventilator Pada Atap Bangunan

Ketika kita melintasi area pabrik atau gudang terlihat ada seperti baling-baling berputar di atas atap bangunan. Banyak yang tidak tau dengan cara kerja pada Turbine Ventilator, untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai ya.

Turbine Ventilator dapat bergerak atau berputar dengan bantuan aliran udara atau angin dan juga dengan adanya perbedaan suhu antara dalam dan luar bangunan yang akan menyebabkan perbedaan tekanan udara. Rongga pada sirip-sirip Turbine Ventilator didesain untuk dapat menangkap setiap hembusan angin yang lewat, meski hanya angin kecil dapat memutar Turbine Ventilator tersebut. Udara panas akan naik ke atas dan akan menekan ke luar melalui sirip-sirip Turbine Ventilator.

Produk Turbine Ventilator yang baik terbuat dari bahan Alumunium berkualitas atau bisa juga stainless steel sehingga anti karat. Selain itu harus terdapat laher yang presisi sehingga putaran turbin ventilator tidak menimbulkan suara berisik (Beberapa produk lama tidak mengunakan leher, hal ini terlihat jelas bentuk cerobong dan kepala terlihat seperti menyatu) Untuk menentukan jumlah Turbine Ventilator terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain :

  • Volume bangunan dalam meter kubik (Panjang x Lebar x Tinggi).
  • Jenis bangunan (apakah rumah tinggal, gudang, pabrik dan workshop kerja, gedung olah raga, garasi, dan lainnya), karena jenis bangunan menentukan rekondisi perubahan udara yang dibutuhkan.
  • Kecepatan angin untuk daerah setempat.
  • Posisi pemasangan Turbine Ventilator idealnya pada puncak atap bangunan, di bawah nok atap untuk menghindari kebocoran atap. Jarak antara Turbine Ventilator satu dengan yang lain direkomendasikan tidak kurang dari 3 meter. Selain itu usahakan untuk menempatkan Turbine Ventilator pada tempat yang aliran udaranya lancar dan tidak sejajar dengan dinding.
  • Yang terakhir perhatikan track record perusahaan seperti sudah berapa lama usaha itu berdiri, kantor atau tempat usaha yang jelas, izin-izin perusahaan (Berbadan hukum, memiliki sertifikat merek dan desain) dan memiliki team teknisi yang handal, agar semua investasi tidak sia sia.

Baca: Mengenal Turbin Ventilator Atasi Panas Pada Ruangan

Turbine Ventilator akan berputar hanya dengan hembusan angin yang lemah sekalipun, tetapi juga mampu menahan angin berkecepatan tinggi. Berputarnya Turbine Ventilator juga disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan, dimana secara alamiah udara panas di dalam ruangan akan mengalir dan menekan keluar melalui sirip-siripTurbine dan membuat  Turbine Ventilator Otomatis  berputar. Dengan demikian ada atau tidak ada angin, Turbin Ventilator akan selalu berputar menghisap udara panas dalam ruangan.

 

(turbinventilatormalang)