hit counter script
Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kolam Renang Dirumah

BangunSumatera.com - Ingin  miliki kolam renang pada hunian Anda? perlu perhatikan beberapa hal dan persiapan yang matang agar hasil yang di inginkan sempurna. Halaman belakang menjadi terlihat mewah dan sangat atraktif. Namun memiliki kolam renang tidak harus berlebihan dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan luas area yang ada.

Jika Anda berniat membuat kolam renang sederhana di belakang rumah, mungkin Anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebagai berikut: 

Ukuran dan Layout

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kolam renang dan ketersediaan lahan kosong di rumah, tidak masalah bila kolam renangnya kecil, yang terpenting adalah bagaimana Anda menyiasatinya.

 

Anda juga harus menyesuaikan layout kolam renang dengan konsep dan tema rumah, karena layout berpengaruh pada faktor utama membuat kolam renang, jadi buatlah perencanaan secara matang.

Baca: 9 Rekomendasi Tempat Renang di Bandung

Kedalaman Air

Keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan seperti kedalaman air. Pada kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,2 meter hingga dua meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp (kemiringan) sebagai pemisah kedalamannya. Sedangkan untuk kolam anak-anak tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

Baca: Gagal Sepakat Dengan Atta Halilintar, Sriwijaya FC Gaet Ustad Yusuf Mansyur

 

Filterisasi

Rencanakan sistem filterisasi dari awal sebelum membuat kolam renang karena terdapat beberapa tipe filterisasi yang dapat dipilih. Filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam renang itu sendiri.

 

Sirkulasi Air

Buatlah overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya.

Ketinggian dan Permukaan Lantai

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai, diusahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.

 

Teras Kolam /Pool Deck

Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi Anda dalam membuat pool deck seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah.

 

Vegetasi
Jika Anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pepohonan atau tanaman rambat untuk mendampingi kolam renang tropis Anda. Namun jika Anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah Anda.

 

(Archify)