hit counter script
Apa Itu Rooftop ?

BangunSumatera.com - Rooftop adalah atap datar berupa dak beton pada rumah bergaya modern minimalis. Biasanya rooftop difungsikan sebagai tempat servis area seperti penyimpanan toren air, jemuran dan tanaman. Namun sekarang kebanyakan area rooftop dimanfaatkan sebagai area bersantai dan area hijau.

Dikutip dari Furnizing.com dari erikut beberapa fungsi area rooftop yaitu:

 

Area Berkumpul

furnizing-img-5ab1db73ab61e-.jpg?profile=RESIZE_584x

together with family via digsdigs

Mendesain area atap dengan dek kayu dan tempat berkumpul akan membuat suasana lebih akrab untuk pemilik rumah dan keluarga. Area sofa yang ternaungi ini juga membuat orang di dalamnya terlindungi dari sinar matahari. Ditambah lagi dudukan sofa yang nyaman membuat orang didalamnya lebih santai.

 

Area Berkebun

furnizing-img-5ab1ef4d0ff45-.jpg?profile=RESIZE_584x

herbal garden via qumania

Area atap rumah juga dapat difungsikan untuk berkebun. Membuat udara di dalam rumah lebih nyaman dengan banyaknya tanaman yang tumbuh disekitar hunian. Selain memberikan pemandangan yang asri, pada area atap ini pun bisa juga difungsikan untuk menanam tumbuhan yang dapat dikonsumsi ataupun untuk bahan memasak.

 

Taman Atap

furnizing-img-5ab1f8a847d23-.jpg?profile=RESIZE_584x

rooftop garden via strport.ru

Salah satu pemanfaatan ruang yang baik pada area rooftop adalah dengan menjadikannya sebagai area taman. Dengan layout ruang dan juga furniture yang sesuai area rooftop akan menjadi taman yang seru. Akan tetapi perawatan taman di atap ini tentunya juga perlu diperhatikan karena berbagai macam faktor seperti cuaca dan juga penyerapan air pada struktur atap hunian.

Baca: Fungsi Kaporit untuk Kehidupan Sehari-hari

Relaksasi dengan Jacuzi

furnizing-img-5ab1fd6cf2a1c-.jpg?profile=RESIZE_584x

jacuzzi tub via syonpress

Sebuah rumah tentunya akan sangat bagus jika memiliki area relaksasi. Ruang atau area relaksasi ini membuat penghuninya dapat menenangkan diri. Dengan adanya bak berendam jacuzi, penghuni dapat membuat diri lebih segar sembari melihat pemandangan menjelang malam hari. Jika udara terlalu dingin, api unggun pun dapat menghangatkan area bersantai ini.