hit counter script
Apa Itu Girder pada Konstruksi Jembatan ?

BangunSumatera.comGirder merupakan sebuah baluk diantara dua sisi penyangga pada suatu jembatan atau fly over. Umumnya girder merupakan balok baja dengan profil l, namun ada juga girder berbentuk box atau box girder dan bentuk lainnya.

Pada konstruksi jembatan yang panjang perlu dibutuhkan material yang kuat dan tahan lama, material tersebut berupa girder jembatan yang ukurannya bisa mencapat 50 meter.

Kontraktor lebih suka menggunakan girder sebagai pembuatan jembatan karena dinilai lebih praktis dan kokoh. Perlu diketahui, girder diproduksi di pabrik, namun ada juga girder dicor di lokasi proyek untuk pembuatan secara custom.

Baca: Memahami Tahap Dalam Pengerjaan Struktur Baja

Girder memiliki berbagai jenis seperti:

Girder-l

Girder-l merupakan salah satu girfer yang umum digunakan dalam konstruksi jembatan, pembuatannya dari material baja atau beton sesuai dengan kebutuhan.

Box girder

Box girder menjadikan jembatan di mana balok utama terdiri dari balok-balok dalam bentuk kotak berongga, box girder tersebut merupakan beton yang biasanya terdiri dari beton pratekan, baja struktural, atau komposit baja dan beton bertulang.

Box grider biasanya digunakan pada konstruksi pembangunan jalan layang dan jembatan yang memiliki bentang panjang.

U-girder

U-girder terbuat dari cetakan beton berbentuk huruf U. Karakteristik U-girder ini dalah tipis dan langsing sehingga sangat ideal untuk pembangunan jembatan di atas lahan yang sempit. Meskipun ramping, untuk kekuatannya tidak perlu diragukan. 

T-girder

T-girder adalah balok jembatan yang berbentuk huruf T dan umumnya dari baja komposit, beton bertulang atau beton prategang.

Balok T ekonomis untuk bentang 40-60 ft. Namun pada struktur jembatan miring, perancangan balok T memerlukan rangka kerja yang lebih rumit.