hit counter script
Apa Itu Crane Konstruksi ?

BangunSumatera.com - Crane merupakan suatu alat berat yang sering digunakan di area proyek. Alat ini biasanya difungsikan untuk mengangkat barang lalu memindahkan ke lokasi tertentu menggunakan tali dan katrol.

Biasanya crane dipakai untuk memindahkan barang secara vertikal dan orizontal menuju titik tujuan yang tidak bisa dijangkau tenaga manusia atau alat pemindah yang lebih kecil.

10175163666?profile=RESIZE_584x

Jenis barang yang dibawa crane adalah barang berat pada proyek-proyek konstruksi, pelabuhan, indsutri, gudang maupun lokasi lain dengan muatan yang berat.

Ada beberapa jenis crane yang sering digunakan sehari-hari dalam area proyek diantaranya: 

  • Tower Crane

Tower crane termasuk ke dalam salah satu jenis crane yang paling umum digunakan di area konstruksi bagunan, khususnya dalam pembangunan gedung tinggi. 

Tower crane memiliki ketinggian antara 70 sampai 80 meter. Crane ini sanggup mengangkut beban hingga melebihi 20 ton. Penggunaan tower crane adalah dengan menancapkannya pada suatu tempat. Proses penancapannya sendiri melibatkan baut besar dengan kualitas tinggi.

  • Crawler Crane

Crawler crane dipakai untuk mengangkat beban yang memiliki jangkauan tidak terlalu panjang dan biasanya juga dimanfaatkan dalam proyek bangunan.

Meskipun jenis crane ini dilengkapi roda yang membuatnya bisa bergerak, namun perlu truk trailer untuk membawanya ke lokasi proyek.

Cara kerja crawler crane adalah dengan memanfaatkan roda-roda rantai yang populer disebut dengan crawler, sesuai namanya.

  • Crane Terapung

Crane tidak hanya dipakai untuk membantu kegiatan proyek yang ada di darat namun juga bisa bekerja untuk membantu aktivitas muatan yang ada di perairan.

Jenis crane ini dipasang di lepas pantai untuk membantu menurunkan atau memindahkan muatan yang ada di kapal. Crane terapung mampu menawarkan pengamgkatan yang besarnya mencapai 9.000 ton.

  • Truck Crane

Crane ini hadir dengan fleksibilitas yang membuatnya mampu bergerak mendekati barang yang akan dipindah sehingga sering disebut juga dengan mobile crane.

Pemasangan crane pada kendaraan juga memerlukan waktu yang lebih singkat. Ini karena truck crane bisa dipasang sebelum dioperasikan dan mampu berputar sampai 360 derajat.

  • Hydraulic Crane

Hydraulic crane adalah jenis yang dilengkapi dengan struktur lebih sederhana dibandingkan dengan jenis crane lainnya. Jenis ini biasanya hanya dipakai di lokasi gudang maupun bengkel besar. Hydraulic crane kurang fleksibel untuk memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain karena jangkauannya tidak terlalu panjang dan hanya sanggup berputar 180 derajat.

  • Crane Kereta Api

Crane kereta api sering dipakai untuk memindahkan berbagai jenis material berat yang digunakan baik dalam pembangunan maupun perbaikan rel kereta api.

  • Hoist Crane

Hoist crane adalah jenis yang pada umumnya digunakan pada bengkel atau gudang. Crane ini dilengkapi dengan rel khusus untuk mempermudah pemasangannya di langit-langit. Rel ini berfungsi sebagai jalur untuk crane tersebut sehingga bisa bergerak maju dan mundur dalam satu arah.

Source: Stellamariscollege.org