hit counter script
7 Tips Cara Merawat Funitur Rotan Tetap Awet

BangunSumatera.com - Rotan kini sudah banyak digemari para penghias rumah. Rotan dikenal karena teksturnya yang kuat, ringan dan mudah dibentuk.

Rotan berasal dari batang tanaman rotan yang banyak ditemukan di Indonesia, penggunaan rotan sendiri sebagai bahan membuat perabotan pada hunian seperti kursi, meja dan sebagainya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rotan tetap awet. Berikut 7 cara merawat funitur rotan yang bisa Anda terapkan dirumah.

1. Hindari dari paparan sinar matahari‌

Jika kerap terpapar sinar matahari, warna funitur rotan akan bisa memudar secara perlahan, untuk amannya simpan anyaman rotan ditempat yang teduh atau indoor agar tetap tahan lama. 

2. Jangan tempatkan di lokasi yang mudah terkena air‌

Jauhkanlah dari tempat yang mudah terkena air seperti meletakkan furnitur rotan sebagai kursi di pinggir kolam renang. Hal ini karena rotan mampu menyerap air dengan cepat. Jika dibiarkan terkena air lama-lama materialnya akan terkikis dan rapuh.

3. Bersihkan dengan penyedot debu‌

‌Gunakanlah pengisap debu dengan ujung bulu panjang agar mudah menjangkau debu dan jangan telalu menekannya  agar anyaman rotan nggak terlepas. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali agar funitur rotan tetap awet.

Baca: 9 Rekomendasi Tempat Renang di Bandung

4. Rapikan serabutnya

Agar lebih enak dipandang, kamu bisa merapikannya menggunakan gunting dan potong pangkal serat-serat yang lepas agar furniturmu tampak apik kembali. Dan jangan menarik serabutnya secara paksa yang akan menyebakan funitur rotan rusak.

5. Lap menggunakan detergen‌

Untuk rotan sintetis, taburkanlah detergen atau sabun cuci piring di badan furnitur. Selanjutnya, bersihkanlah dengan lembut menggunakan spons, lalu siram dengan air secara menyeluruh, sedangkan untuk furnitur rotan alami bersihkanlah menggunakan kain lembap yang sudah tercampur larutan detergen. 

Baca: Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kolam Renang Dirumah

6. Pastikan benar-benar kering‌

 

Untuk menjaga rotan tetap awet gunakan kipas angin, hairdryer, atau mengelapnya menggunakan kain kering. Ini cara merawat furnitur rotan ini sangat penting untuk menjaganya agar tak mudah berlumut, berjamur, dan keropos.

7. Cegah rayap‌

‌Cara merawat furnitur rotan yang terakhir ini wajib kamu lakukan jika ingin perabotmu awet. Basmilah rayap-rayap yang bisa membuat furnitur rotan mudah keropos dengan langkah  berikut:

  • Campurkanlah 200 ml minyak tanah dengan larutan satu sendok kapur barus
  • Masukkan campurannya ke dalam botol semprot dan kocok
  • Semprotkan cairan ke permukanan furnitur rotan

 

(Rukita)