hit counter script
7 Kerajinan Tanah Liat untuk Dekorasi Rumah

BangunSumatera.com - Dekorasi rumah merupakan sentuhan akhir yang bisa kamu gunakan untuk menyempurnakan tampilan dari hunian. Ada banyak sekali pilihan dekorasi yang bisa jadi pilihanmu, salah satunya adalah dengan memanfaatkan kerajinan tanah liat.

Kerajinan tanah liat yang khas akan kesan tradisionalnya merupakan pilihan yang pas jika kamu ingin menambahkan unsur natural yang lebih tradisional pada hunian. Apalagi ada banyak sekali bentuk-bentuk kerajinan tanah liat yang bisa jadi pilihanmu untuk melengkapi dekorasi di rumah.

Dikutip dari dari dekoruma.com berikut beberapa inspirasi dekorasi dari kerajinan tanah liat yang kreatif dan menarik:

1. Kendi dan Guci

Kerajinan tanah liat yang paling mudah ditemui adalah berbagai macam bentuk guci, vas, ataupun kendi hias. Untuk kerajinan tanah liat berukuran besar, kamu bisa gunakan untuk mengisi sudut ruang yang kosong. Sementara itu, yang berukuran kecil dapat kamu pajang di lemari hias atau di atas meja sebagai vas bunga.

2. Roster Terakota

Selain bentuk kesenian seperti vas bunga, kerajinan tanah liat memiliki banyak sekali bentuk. Salah satu kerajinan tanah liat yang sangat berhubungan dengan rumah adalah roster. Sudah sejak lama roster dibuat dari tanah liat. Namun di era modern ini, bentuk-bentuk roster tanah liat sudah memiliki banyak varian dan model bentuk sehingga bisa kamu susun dan atur untuk menciptakan elemen dekoratif yang menarik pada hunianmu.

3. Ornamen atau Ukiran Timbul

Alternatif kerajinan tanah liat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hunian adalah ornamen dinding yang terbuat dari tanah liat. Memiliki warna dan tekstur khas, kerajinan tanah liat satu ini bisa kamu gunakan untuk menghiasi pilar atau sebagai pengganti lukisan untuk mengisi sisi ruangan yang masih kosong.

4. Peralatan Makan & Minum Antik

Kerajinan tanah liat lainnya yang cukup umum adalah berbagai perlengkapan dapur beserta perlengkapan makan dan minum seperti gelas, poci, mangkuk, dan sebagainya. Selain bisa digunakan sesuai fungsinya, kerajinan dari tanah liat satu ini juga cukup menarik untuk kamu jadikan dekorasi ruangan, khususnya di ruang makan.

5. Patung Pelengkap Dekorasi

Alternatif pilihan kerajinan tanah liat untuk dekorasi ruangan lainnya adalah patung atau pajangan karakter dari tanah liat. Mulai dari patung berbentuk abstrak yang artistik hingga patung tanah liat sederhana berbentuk hewan atau tumbuhan bisa jadi pilihan yang menarik untuk hiasi interior ruangan.

6. Lampu Kebun Etnik

Tak hanya untuk interior ruangan, kerajinan tanah liat juga bisa kamu gunakan untuk mempercantik taman ataupun ruang luar rumahmu. Dekorasi lampu taman dari tanah liat ini dapat dijadikan inspirasi. Dengan warna khas tanah liat, kerajinan ini berikan nuansa tradisional dan alami pada taman rumahmu.

7. Variasi Desain Ubin Lantai Tanah Liat

Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, beberapa pengrajin tanah liat juga membuat berbagai ubin lantai dari tanah liat yang bisa kamu gunakan untuk menyempurnakan interior ruangan. Kerajinan tanah liat yang dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran ini takkan gagal berikan nuansa etnik pada interior ruangan saat diaplikasikan pada lantai ruangan.