hit counter script
7 Jenis Exhaust Fan Dan Kegunaannya

BangunSumatera.com - Exhaust Fan adalah kipas angin penyerap udara yang digunakan untuk mengeluarkan udara dari ruangan. Exhaust fan akan sangat bermanfaat untuk mengeluarkan udara kotor dan bau seperti di kamar mandi, dapur, area merokok dan sebagainya.

Ada berbagai jenis exhaust fan untuk kebutuhan masing-masing pada area pemasangan yang efektif di gunakan pada rumah. Berikut 7 jenis exhaust fan dan cara menggunakannya:

1. Exhaust Fan plafon

9127608472?profile=RESIZE_584x

Jika Anda memiliki kamar di lantai atas yang membutuhkan aliran udara yang lebih baik, kipas yang terpasang di plafon adalah pilihan terbaik. Exhaust fan ini bisa dipasang ke plafon ruangan dengan melubangi bagian plafon. Exhaust fan ini memiliki box luar yang bagus sehingga tidak akan membuat tampilan plafon Anda berantakan.

2. Exhaust Fan dinding

9127613453?profile=RESIZE_584x

Jenis exhaust fan dinding ini sangat ideal jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan pemasangan kipas pada plafon. Kipas yang dipasang di dinding disalurkan ke dinding luar rumah Anda, dan memungkinkan udara di dalam keluar langsung melalui kipas itu sendiri.

3. Exhaust Fan Eksterior

9127614266?profile=RESIZE_584x

Jenis kipas ini biasanya terlihat dari atap bangunan, kipas jenis ini benar-benar mengeluarkan udara dari dalam gedung dan mengeluarkannya di luar. Exhaust fan ini sangat cocok untuk mereka yang tidak menginginkan masalah kebisingan, karena dalam hal ini kebisingan yang dipancarkan dari kipas akan berada di luar rumah.

Exhaust fan ini unitnya benar-benar berada di luar bangunan. Cocok digunakan untuk pabrik, bengkel, gudang maupun ruangan besar seperti lapangan futsal.

4. Exhaust Fan Dapur

9127615668?profile=RESIZE_584x

Jenis Exhaust fan ini adalah furniture tambahan umum di banyak dapur, karena sangat berguna untuk dipasang di atas kompor. Exhaust fan untuk dapur adalah cara terbaik untuk menghilangkan aroma tak terhindarkan yang melekat di dapur mana pun.

Baca: Cara Kerja Turbine Ventilator Pada Atap Bangunan

5. Exhaust Fan Kamar Mandi

9127620261?profile=RESIZE_584x

Exhaust fan kamar mandi paling cocok dipasang di atas toilet karena dapat menyerap bau kotoran secara langsung. Exhaust fan di kamar mandi biasanya adalah jenis exhaust fan plafon. Selain itu, exhaust fan kamar mandi biasanya lebih kecil dan lebih terjangkau daripada exhaust fan jenis lain di pasaran.

6. Exhaust Fan Inline

9127621295?profile=RESIZE_584x

Kipas ini akan dipasang di sela-sela saluran, sehingga udara kotor dikeluarkan melalui saluran berupa pipa udara yang berjalan melewati plafon dan tembus keluar ruangan. Dengan cara ini kita dapat mengeluarkan bau tanpa membebani ruangan lainnya.

7. Exhaust Fan Lampu

Kipas yang dilengkapi lampu bertindak seperti lampu biasa di kamar, padahal berfungsi ganda untuk menyerap cahaya. Jenis exhaust fan ini cocok untuk mereka yang mengutamakan penampilan ruang.

Baca: Mengenal Turbin Ventilator Atasi Panas Pada Ruangan

 

(Arsitur)