hit counter script
6 Hal Penting Saat Pindah Rumah

BangunSumatera.com - Bila Anda ingin berencana pindah di rumah baru, tentunya memerlukan persiapan yang matang dan hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Pindah rumah baru tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu, tidak sedikit orang yang pindah ke rumah baru merasa stres dan kerepotan. Karena membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan.

Dikutip dari Liputan6.com, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan agar proses pindah rumah berjalan dengan lancar:

1. Persiapan awal

Sebelum Anda pindah di rumah baru, hal yang pertama disiapkan adalah memastikan kebutuhan pokok sudah terlengkapi. Hal ini menjadi bagian penting saat menempati rumah baru, seperti instalasi listrik, sanitasi bekerja dengan baik, kelengkapan kunci pintu, dan keamanan lainnya.

2. Pelajari dimensi tiap ruang

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mempelajari dimensi hingga fungsi masing-masing ruangan. Proses ini akan memberikan gambaran cara memasukkan barang ke dalam rumah dan proses ekseskusi pindahan secara keseluruhan. Ini juga akan membantu Anda dalam menentukan tata letak perabotan rumah tangga

Baca: 6 Hal Penting Saat Pindah Rumah

3. Atur barang yang dibutuhkan

Kemas atau packing barang-barang Anda sesuai kategori. Misalnya furniture, perabotan dapur, elektronik, pernak-pernik hingga barang berharga dan perhiasan yang Anda miliki. Untuk perhiasan dan sejenisnya Anda harus beri perhatian khusus. Siapkan satu kotak khusus yang akan Anda bawa sendiri selama pindahan.

Tak lupa, periksa dan seleksi barang-barang apa saja yang akan dibawa pindah ke rumah baru. Jika tidak layak pakai, Anda bisa mendonasikan atau membuangnya. Setelah diseleksi, Anda bisa mengepaknya sesuai dengan kategori barang dan penempatan nanti di rumah baru. Saat mengemas dan packing, beri nama/label pada setiap dus/kotaknya. Untuk barang mudah pecah, sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan bubble wrap dan tandai bahwa barang tersebut mudah pecah atau fragile.

4. Persiapkan dana yang lebih

Persiapan penting yang tidak boleh dilewatkan adalah budget untuk pindah. Budget ini terdiri dari sewa kendaraan, jasa pengangkutan, biaya untuk mengemas, makanan dan minuman serta biaya tak terduga lainnya.

5.Siapkan jasa pindahan

Setelah barang yang akan di angkut dirumah baru telah disiapkan, Anda perlu menggunakan jasa angkutan barang, agar barang yang besar-besar dalam kondisi baik.

6. Ajukan cuti

Agar proses pindah ke rumah baru berjalan lancar dan penataan perabot sesuai keinginan, ada baiknya Anda mengajukan cuti kerja. Supaya juga tidak terlalu bergantung harus pindah di hari libur akhir pekan atau weekend. Sebaiknya hindari juga pindahan di waktu malam hari untuk menghindari barang-barang yang terselip dan tidak mengganggu lingkungan.