hit counter script
5 Wisata Religi di Aceh

BangunSumatera.com - Aceh yang dijuluki dengan Serambi Mekah memiliki banyak obyek wisata religi berarsitektur indah dan pemandangan mempesona. Tidak kalah dengan tempat wisata religi yang ada di negara-negara Timur Tengah atau Eropa. Apa saja tempat wisata religi di Aceh?

Berikut ulasannya mengenai tempat wisata religi di aceh :

1. Masjid Raya Baiturrahman

3422918208?profile=RESIZE_710x

Salah satu masjid yang merupakan bangunan paling megah di Asia Tenggara adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang terletak di pusat kota ini berhias ukiran nan indah. Selain itu halamannya pun amat luas. Udara yang sejuk akan menyelimuti anda ketika masuk ke dalam masjid.

Bangunan megah ini merupakan saksi bisu sejarah Aceh dan kebanggaan masyarakat Aceh. Masjid Baiturrahman juga mempunyai menara yang menjulang tinggi dan membuatnya makin menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Pembangunan masjid dilakukan pada tahun 1612 M (Kesultanan Iskandar Muda). Masjid yang memiliki panggilan sayang ‘Mesra Baiturrahman’ atau singkatan dari nama masjid tersebut, mempunyai 7 kubah. Dan pada salah satu sudut pekarangan masjid, anda dapat melihat prasasti yang mengabadikan riwayat kematian Jenderal Belanda J.H.R. Kohler disertai 400 pasukan.

 

2. Masjid Agung Kota Meulaboh

3422924347?profile=RESIZE_710x

Masjid yang terletak di pusat kota ini, tepatnya berada di Jalan Imam Bonjol, Meulaboh. Bangunan tersebut adalah salah satu obyek wisata religi Aceh yang populer.

Terkenal dengan keindahan arsitektur dan kubah menjulang berwarna terang. Jadi sayang untuk dilewatkan begitu saja jika anda sedang  berkunjung ke aceh namun tidak mengunjungi masjid agung kota meulaboh ini yang memiliki keindahan dan keunikan bangunan yang akan membuat anda terpanah akan keindahan masjid agung kota meulaboh ini.

 

 

3. Masjid Baitul Musyahadah

3422934045?profile=RESIZE_710x

Lokasi wisata religi Aceh selanjutnya adalah Masjid Baitul Musyahadah. Apa sajakah daya tarik obyek wisata tersebut? Yang pertama tentu karena keindahan arsitekturnya, yang kedua adalah keunikan kubahnya yang berbentuk replika topi khas Aceh yang bernama kupiah meukeutop. Jadi Masjid Baitul Musyahadah juga dikenal dengan nama Masjid Meukeutop. Kupiah meukeutop sendiri mempunyai filosofi yang sangat tinggi bagi warga Aceh dikarenakan warna warninya merupakan perlambang unsur agama islam, kepahlawanan, dan kerajaan. Untuk tingkatan kupiah sendiri, merupakan simbol hukum islam, reusam, adat istiadat, dan qanun. Selain kubah utama, kupiah meukeutop pun ada di atas gerbang masjid dan juga dekat mimbar.

Ornamen khas Aceh pun tampak di pintu besi sekeliling masjid dan dinding masjidnya. Awal mula pembangunan masjid yang merupakan swadaya masyarakat ini dilakukan tahun 1989. Rencana dan rancangan arsitektur dibuat oleh cendekiawan Aceh yang termasyur bernama Prof. Ali Hasjmi dengan nama awal Masjid Al-Ikhlas. Selanjutnya pada tahun 1993, masjid diganti nama menjadi Baitul Musyadah dan diresmikan secara langsung oleh gubernur Aceh kala itu didampingi KH. Zainuddin MZ. Masjid berbentuk segi 5, sebagai simbol rukun islam yang berjumlah 5 dan harus dilaksanakan. Untuk pemilihan kupiah meukeutop didasari keinginan mengabadikan semangat juang Teuku Umar. Alamat obyek wisata ini : Jalan Teuku Umar, Setui. Seberang Suyuza Mall.

 

4. Kuil Palani Andawer

3422938326?profile=RESIZE_710x Wisata religi Aceh selanjutnya adalah Kuil Palani Andawer. Aceh tak hanya terkenal dengan bangunan masjid nan megah dan indah akan tetapi juga terdapat bangunan tempat ibadah non muslim yang layak dan terjaga. Kuil yang mempunyai nama lengkap Maha Kumbha Abhisegam Palani Andawer ini berdiri sejak 1934 dan merupakan satu-satunya kuil hindu yang terdapat di Serambi Mekah. Kuil Palani Andawer menampung tak kurang dari 600 pemeluk hindu yang berasal dari Aceh Besar dan juga Banda Aceh. Ketika diterjang tsunami pada 2004 silam, bangunan kuil hancur. Akan tetapi Kuil Palani Andawer dibangun kembali pada April 2012, menggunakan dana dari Kemenag Provinsi dan BRR, selain itu ditambah dana sumbangan dari para pemeluk hindu sendiri.

Penjaga kuil yang disebut dengan Aire bernama Radha Krisna. Ia adalah orang yang ramah dan dengan senang hati akan menjelaskan segala hal yang ingin diketahui pengunjung tentang kuil tersebut. Radha Krisna merupakan keturunan hindu tamil yang sudah lama menetap di Aceh. Jika ketika datang, anda tak berjumpa dengannya, dapat menemui secara langsung di kediaman Radha Krisna yang berada di ruko depan kuil. Ketika anda memasuki dalam kuil, anda dapat jumpai 6 buah arca yang langsung didatangkan dari India. Bagian sisi kiri dan kanan ada relief kisah Dewa Murugan, selain itu anda dapat jumpai altar burung merak dan arca Ganesha. Untuk menemukan kuil berbentuk unik ini tidaklah sulit karena letaknya tepat di tepi jalan Desa Keudah yang menuju ke Desa Peulanggahan.

 

5. Vihara Dharma Bakti

3422941324?profile=RESIZE_710x

Vihara ini adalah klenteng yang paling tua dan paling besar di Banda Aceh. Alamat di Jalan Teuku Panglima Polem No.70 Peunayong. Tempat yang terkenal dengan sebutan kampung cinanya aceh. Vihara Dharma Bakti dibangun pada 1936 bernama Ta Pe Kong, sama dengan nama dewa yang tertulis di kuningan tempat dupa. Kala itu bangunan masih beratap seng dan bangunan berupa rumah kayu. Selanjutnya pada 1960, seorang keturunan Cina Hokkian (Fung Chung Min) membangunan dengan bahan beton. Vihara ini dikelilingi pagar tembok putih, pintu merah menyala, lampion bergelantungan dan di depan vihara ada replika dua naga yang terpisah oleh bola api. Penerangan ada di lima altar utama, satu di altar dewa tanah, satu penerangan lagi di altar luas. Ada 11 dewa yang dibingkai kaca, salah satunya patung Dewa Se Mien Fo di dekat gerbang vihara. Dewa ini dikenal dengan wajah yang membentuk 4 penjuru mata angin. Jam berkunjung dimulai pukul 06.00-18.00. Ketua vihara akan dengan senang hati menjawab segala pertanyaan yang ingin ada ketahui tentang Vihara Dharma Bakti.

 

Itulah sebagian besar dari wisata religi yang berlokasi di Aceh. Semoga informasi dari berbagai sumber  mengenai tempat wisata religi di aceh ini dapat bermanfaat.

 

Baca Juga:

Ke Aceh Gak Afdol kalau Belum Cobain 7 Wisata Indah Ini!