hit counter script
5 Tips Mengatasi Air Sumur Keruh

BangunSumatera.com - Dalam kehidupan sehari-hari, air menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus terpenuhi dalam berbagai hal. Tanpa air mungkin manusia sulit untuk hidup.

Bagi keluarga yang memiliki rumah biasanya mereka menyediakan sumur yang bersumber air, namun biasanya air sumur cendrung keru dan berbau. Ada beberapa cara untuk mengatasi air yang keru untuk kebutuhan rumah tangga sebagai berikut:

1. Menggunakan bahan alami

Bahan pertama yang bisa dicoba ialah tawas yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bangunan. Caranya masukan tawas ke wadah berisi air dan aduk hingga larut. Sesuaikan banyaknya air dengan tawasnya.

Selain tawas bisa juga menggunakan ijuk dan arang dengan cara memasukan salah satu bahan ini kedalam sumur lalu di diamkan.

2. Menguras air sumur

Kurang lebih seperti halnya air kolam, yang jika ingin terlihat jernih maka salah satu caranya adalah dengan menguras dinding.

Untuk menguras sumur ini, Anda bisa menghubungi jasa profesional.

Dan sebaiknya aktivitas menguras sumur ini dilakukan secara rutin ya, agar air didalamnya tetap jernih.

3. Menggunakan filter

Untuk uji coba keefektifan filter sederhana ini, Anda cukup gunakan botol air mineral bekas yang berukuran 600 ml atau bisa juga ukuran 1,5 liter.

Gunakan botol ini secara terbalik ya, dimana bagian mulut botol ada di bawah.

Buat lubang kecil di bagian mulut botol.

Sementara bagian lainnya dipotong, lalu masukkan kain atau kapas hingga bagian paling bawah yakni menyentuh mulut botol.

Lanjutkan dengan lapisan berikutnya, yang berupa pasir atau arang kelapa.

Kemudian tambahkan kerikil kecil, dilanjutkan dengan kerikil berukuran lebih besar lalu tuangkan airnya.

4. Menggunakan bak penampungan

Jika air sumur Anda sudah tidak berbau dan berasa tapi masih berwarna kuning, kemungkinan lain yang jadi masalahnya adalah pipa.

Bakteri dan kotoran yang menempel pada pipa juga bisa menyebabkan perubahan warna air.

Jika memang masalahnya pada pipa, maka cara menjernihkan air sumur lainnya adalah langsung fokus saja pada penampungan seperti tandon atau toren.

5. Mengganti pipa

Cara efektif dengan mengganti pipa yang menjadi sumber penyebab air menjadi keruh.