hit counter script
5 Resiko Membangun Rumah Pinggir Sungai

BangunSumatera.com - Memiliki rumah pinggir sungai menjadi tempat nyaman dan sejuk yang tidak dimiliki semua orang, namun pada kenyataanya rumah yang dibangun diberantaran sungai tidak memiliki perencaan yang matang.

Bila memiliki perencanaan yang matang resiko kerusakan pada rumah akan minim, biasanya yang menjadi dampak terburuk pada rumah pinggir sungai dapat meresikokan pemiliknya sendiri. Berikut resiko bila membangun rumah dekat sungai:

1. Pondasi Rumah Rentan

Rata-rata rumah dekat sungai yang dibangun di kota-kota besar dibangun dengan kondisi seadanya, bahkan tidak sedikit yang bangunannya menjorok ke sungai. Dikarenakan pembangunan yang seadanya, maka bisa dipastikan kalau pondasi rumahnya pun dibuat asal bisa menopang saja.

Hal ini akan sangat berbahaya ketika tiba musim penghujan dengan volume air yang tinggi, aliran sungai pasti akan deras disertai dengan volume airnya yang juga semakin meningkat.

2. Kumuh

Alasannya adalah karena rumah-rumah tersebut tidak dibangun dengan perencanaan dan penataan yang matang, bahkan tak jarang banyak rumah-rumah ilegal yang dibangun di bantaran sungai hingga mengurangi luas badan sungai.

3. Mengotori Sungai

Lantaran kebanyakan di bangun di bantaran sungai, rumah dekat sungai lebih banyak memberikan dampak buruk terhadap kualitas sungai itu sendiri. Seringkali kegiatan yang ada di rumah dilimpahkan ke sungai. 

Kebanyakan orang berpikir bahwa sampah-sampah tersebut akan hanyut begitu saja, padahal justru akan terkumpul di titik-titik tertentu, tidak menutup kemungkinan aliran sungai akan terhalang sampai-sampai memicu terjadinya banjir.

Baca:Tips Sederhana Bangun Rumah Pinggir Sungai

 

4. Rawan Bencana Banjir

Ketika hujan lebat turun, volume air sungai akan naik dan membahayakan rumah-rumah yang berada di pinggiran sungai, rumah-rumah yang berada di pinggir sungai bisa sewaktu-waktu dihantam banjir atau bahkan rusak hingga terseret derasnya aliran air.

5. Berkurangnya Air Bersih

Sungai adalah salah satu sumber air bersih yang penting bagi kelangsungan hidup manusia untuk keperluan sehari-hari.

Namun apa jadinya jika banyak rumah yang mulai didirikan di pinggir sungai? Tidak menutup kemungkinan sistem pembuangan sampah rumahannya baik. Alhasil sungai menjadi tempat sampah raksasa.

Ketika sungai sudah tercemar, maka pasokan air bersih akan semakin berkurang, ketika ingin membangun rumah dekat sungai, sebaiknya dibangun melalui perencanaan yang matang dan kesadaran lingkungan yang tinggi.