hit counter script
5 Manfaat Konsumsi Lengkuas untuk Kesehatan

BangunSumatera.com - Dari jaman nenek moyang kita dulu lengkuas sudah dijadikan sebagai bumbu dapur dan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat dari lengkuas ini banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut 5 manfaat lengkuas untuk kesehatan adalah:

1. Meredakan nyeri sendi

Lengkuas dapat meredakan nyeri sendi seperti osteoarthritis. Rempah ini mengandung senyawa kima anti radang yang dapat meredakan peradangan nyeri sendi.

2. Tingkatkan kesuburan pria

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan kepada pria dengan kualitas sperma yang kurang baik menunjukan bahwa mengkonsumsi lengkuas dapat membantu peningkatan kualitas sperma.

Baca: 4 Tim Gagal Lolos 16 Besar Euro 2020

3. Menurunkan kolestrol dan kadar gula darah

Konsumsi lengkuas juga diyakini dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Manfaat ini mungkin diperoleh berkat kandungan antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Atasi gangguan pernapasan

Kandungan minyak asiri dalam lengkuas diyakini dapat mengatasi gangguan pernapasan yang dialami anak, seperti rhinitis, bronkitis, batuk rejan, dan infeksi tenggorokan.

5. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Meski belum terbukti pada manusia, penelitian dalam tabung percobaan menunjukkan bahwa kandungan galangin pada lengkuas terbukti mampu membunuh sel kanker atau mencegah sel kanker menyebar, khususnya kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker kulit.

Baca: Cara Ampuh Beli Rumah Bebas Banjir